Mulai Kunjungi Sumbawa, Yachter Dapat Layanan Vaksinasi

Yachter asal New Zealand mendapatkan layanan vaksinasi di RSMA ketika berkunjung ke Sumbawa pekan lalu.(Suara NTB/Dispopar Sumbawa)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pesona Sumbawa tetap menjadi daya tarik bagi wisatawan asing untuk berkunjung. Walaupun di masa pandemi, ada saja yachter yang singgah dan menikmati keindahan Sumbawa. Walaupun sekarang di tengah pandemi. Sehingga mereka pun mendapatkan pelayanan vaksin Covid.

Diketahui, Sumbawa menjadi lokasi singgah para yachter dunia sejak perhelatan Sail Indonesia 2017 yang dipusatkan di Sabang Aceh. Agenda tahunan wisata bahari yang dimotori oleh Kemenko Marves dan Kemenpar ini juga telah menjadikan Kabupaten Sumbawa sebagai pusat menyelenggaraan Sail Indonesia 2018 yang bertajuk Sail Moyo Tambora 2018. Selama dua tahun terakhir, event Sail tidak lagi diselenggarakan akibat pandemi. Namun para yachter tetap diberikan izin untuk menikmati keindahan alam Indonesia dengan wajib mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19 selama berada di Indonesia.

Iklan

Sebagaimana disampaikan Sekretaris Dispopar Sumbawa, M. Irfan M,M, kepada Suara NTB, Kamis, 2 September 2021, salah satu yachter yang belum lama ini singgah di Sumbawa, Mr. Mitchell Ashley Lawrence dari Gisborne-New Zealand. Dia disambut di Kawasan Pantai Ai Lemak Sumbawa. Pada kesempatan tersebut, Tim Dispopar langsung melayani dengan mengantarkan Mr. Mitchell ke RSUP Manambai Abdulkadir untuk dilakukan vaksinasi Covid-19.

Setelah mendapatan pelayanan vaksin, Mr. Mitchell memberikan testimoni seperti disampaikan melakui Sekretaris Dispopar.  “Saya dalam perjalanan keliling Indonesia menggunakan kapal yacht. Dan kebetulan kami sengaja untuk mengunjungi sumbawa, selain ingin melihat keindahan nya kami juga ingin mendapatkan pelayanan vaksin”, ujarnya ditirukan M. Irfan.

Yachter dimaksud sangat senang sekali dan merasa sangat terbantu dengan adanya pelayanan vaksin di Sumbawa bagi para wisatawan seperti para yachter. Ditambahkannya, prosedur yang diberikan oleh rumah sakit sangat bagus, mudah, cepat dan sederhana serta tidak memberatkan. Setelah melaksanakan vaksinasi, Mr. Mitchell kemudian dilayani oleh Tim Parwisata untuk keliling Kota Sumbawa Besar. Sempat mengunjungi Istana kesultanan Dalam Loka. Serta menikmati keindahan alam laut yg ada di sekitar Tanjung Menangis untuk snorkeling.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa Rosmin Junaidi, mengatakan bahwa ditengah kelesuan sector pariwisata akibat pandemic, kedatangan para yachter ini akan menjadi salah satu poin yang akan dioptimalkan dalam rangka meningkatkan promosi pariwisata Kabupaten Sumbawa dengan layanan yang memuaskan.

Kadis akan melaporkanl kunjungan ini kepada Bupati Sumbawa, untuk dibicarakan bersama-sama dengan Tim Terpadu. Khususnya dalam rangka penyambutan dan pelayanan wisatawan mancanegara di masa pandemi Covid-19. (arn)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional