Mulai Kritis, Kawasan Mangrove Sekotong Dihijaukan

Karyawan PT. AP I LIA bersama masyarakat menanam pohon mangrove di kawasan Pantai Sekotong Barat, Kamis,  25 April 2019.

Praya (Suara NTB) – Angkasa Pura (AP) I Lombok International Airport (LIA) menggelar gerakan menanam seribu bibit pohon mangrove di kawasan hutan Mangrove Tanjung Kelor Sekotong Lombok Barat (Lobar), Kamis, 25 April 2019. Langkah itu dilakukan sebagai salah satu upaya mengembalikan kelestarian kawasan hutan mangrove yang kini mulai kritis tersebut. Dalam hal ini PT. AP I LIA juga menggandeng Pusat Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Alam Lingkungan (PKPSAL) Fakultas MIPA Universitas Mataram (Unram).

“Selain pohon mangrove, kita juga menanam terumbu karang,” ungkap Communication and Legal Section Head PT. AP I LIA, Nyoman Siang. Kegiatan penanaman tersebut merupakan bentuk kepedulian PT. AP I LIA selaku BUMN, terhadap kondisi lingkungan.

Iklan

Di mana diharapkan dengan penananam pohon mangrove serta terumbung karang bisa mengembalikan kelestarian ekosistem pesisir dan ekosistem lainnya, sehingga bisa menjamin keberlanjutan hidup biota laut di kawasan tersebut.

Kegiatan ini, ujarnya, akan berlangsung hingga dua pekan ke depan dengan mengandeng berbagai pihak, termasuk para siswa yang ada di sekitar. Selain untuk memperkenalkan ekosistem lain juga untuk menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat akan arti penting menjaga kelestarian alam di kawasan tersebut. Bukan hanya bagi binatang yang ada. Tetapi juga bagi masyarakat secara lebih luas.

Lebih lanjut Siang mengatakan, selain penanaman pohon mangrove serta terumbu karang, juga ada kegiatan bersih pantai dengan melihatkan kelompok masyarakat setempat, baik sampah yang ada di pantai maupun di laut. Supaya kawasan pesisir barat Pantai Sekotong bisa benar-benar bersih dan lestari. “Ini bentuk komitmen PT. AP I LIA, untuk bisa hadir dan berbuat bagi masyarakat,” tegasnya. (kir)