Mulai 2017, Penerimaan Siswa Baru Dilakukan Sesuai Zonasi

Mataram (suarantb.com) – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB, H. Muh. Suruji menyampaikan mulai tahun ajaran 2017 penerimaan siswa baru akan dilakukan sesuai zonasi. Dengan kata lain, akan diatur sesuai dengan lokasi tempat tinggal calon siswa.

Sistem zonasi ini intinya merupakan upaya  mendekatkan tempat tinggal siswa dengan sekolah. “Jangan anak-anak yang tinggalnya di Dasan Agung itu kemudian sekolahnya di Sekarbela. Intinya masyarakat sekitar yang diutamakan,” ujarnya, Kamis, 20 April 2017.

Iklan

Diatur secara teknis melalui keputusan kepala dinas, Suruji menambahkan calon siswa asal luar daerah bisa mendaftar. Dengan syarat memiliki prestasi akademis yang bagus, baik di bidang akademis maupun non akademis.

“Yang dari luar boleh masuk dengan jalur prestasi akademik seperti pernah juara olimpiade, olahraga atau seni. Nilai rapornya bagus, tapi dia orang Sumbawa mau sekolah di Mataram boleh. Tapi itu kuotanya maksimum 20 persen,” jelasnya.

Penerapan zonasi ini diakui Suruji bertujuan untuk mengontrol sebaran siswa di tiap sekolah. Agar tidak hanya sekolah tertentu kebanjiran murid, tapi yang lain justru kekurangan. Ini disebutnya bisa menyia-nyiakan aset pendidikan yang ada, terlebih di sekolah swasta yang tak jarang kekurangan murid.

Selain penerimaan sesuai zonasi, Suruji juga mengingatkan kewajiban sekolah negeri untuk menampung siswa miskin. Sehingga dia tidak ada lagi anak yang tidak bersekolah hanya karena tidak ada biaya.

“Yang miskin diterima di sekolah dekat rumahnya, jangan nanti dia pilih sekolah favorit yang jauh terus dia bawa motor kan ndak miskin jadinya,” tandasnya.

Tindakan penerimaan sesuai zonasi dan kuota penerimaan siswa miskin di sekolah negeri merupakan langkah untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di NTB yang masih menduduki posisi bontot di tingkat nasional. Sebab indikator peningkatan IPM di bidang pendidikan mengacu pada rata-rata lama sekolah, harapan lama sekolah dan angka buta aksara. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here