Mujur Jadi Desa Cantik

Anas (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Desa Mujur Kecamatan Praya Timur, Lombok Tengah (Loteng) ditetapkan sebagai Desa Cantik atau Cinta Statistik oleh Badan Pusat Statistik (BPS) bersama 99 desa lainnya di seluruh Indonesia. Terpilihnya Desa Mujur setelah melalui proses seleksi berjanjang hingga tingkat nasional. Hal itu disampaikan Kepala BPS Loteng, Drs. Anas, M.Si., saat sosialisasi dan Identifikasi Kebutuhan Desa Cantik, di Praya, Kamis,, 17 Juni 2021.

Dinilai memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan, Desa Mujur juga ditopang oleh aparat desa yang mampu melakukan pengolahan data statistisk dengan baik. “Ada 100 desa di seluruh Indonesia yang ditetapkan sebagai Desa Cantik dan Desa Mujur menjadi salah satu desa perwakilan Provinsi NTB,” sebutnya.

Iklan

Program Desa Cantik sendiri merupakan program peningkatan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data, sehingga perencanaan pembangunan desa ke depan lebih tepat sasaran. “Validitas data mutlak diperlukan sebagai panduan perencanaan pembangunan yang baik,” sebut Anas.

Sebagai Desa Cantik, Pemerintah Desa Mujur nantinya bakal memperoleh pembekalan, sehingga nantinya desa dapat menyediakan data yang mutakhir pada suatu sistem aplikasi profil desa yang bersifat mikro. Dengan data yang mutakhir tersebut perencanaan pembangunan desa dapat lebih tepat sasaran, seperti program pengentasan kemiskinan.

Tidak hanya itu, Desa Cantik bisa pengajuan usulan program secara langsung kepada pemerintah pusat maupun daerah. Apabila nantinya terdapat program intervensi atau bantuan kepada keluarga maupun perorangan. “Keuntungan lainnya, Desa Cantik akan diberikan pendampingan. Sehingga nanti desa dapat menyediakan data yang mutakhir pada Aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) dan Indeks Desa Membangun (IDM),” terangnya.

Hal itu dapat dijadikan rujukan atau pedoman dalam proses penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa. Melalui sistem yang lebih informatif tersebut juga akan memberikan kemudahan dalam mengakses berbagai data desa, sehingga bisa mempercepat terwujudnya keterbukaan dan transparansi data pada instansi pemerintah.

“BPS berharap Desa Mujur nantinya memiliki kemampuan secara mandiri dalam pengelolaan statistik di level desa. Dan, bisa menjadi role model bagi desa-desa lainnya di daerah ini,” tandasnya. (kir)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional