Mudik dan Lebaran Topat Cukup Terkendali

Tri Budiprayitno dan H. Lalu Gita Ariadi (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Kebijakan pembatasan keramaian dan penegakan protokol kesehatan selama periode mudik dan lebaran topat yang baru saja berlalu di NTB, bisa dikatakan cukup berhasil. Hal itu disampaikan Kepala Satpol PP Provinsi NTB Drs. Tri Budiprayitno, M.Si, kepada Suara NTB, Senin, 24 Mei 2021.

“Alhamdulillah, kalau di lebaran dan lebaran topat, karena sudah berjenjang dan kita semua sudah menyuarakan agar ditaati, terkait mudik dan lebaran topat kemarin, itu kita menutup tempat wisata. Intinya cukup baik, terkendali,” ujarnya.

Iklan

Menurutnya, dengan penerapan kebijakan ini, tempat-tempat wisata memang relatif sepi dari kerumunan. Bahkan, ia mendapati bahwa di sejumlah daerah, masyarakat setempat justru secara swadaya melakukan pembatasan. “Di sesaot, justru masyarakat di sekitar aik nyet itu justru yang membantu kita untuk menjaga supaya tidak ada wisatawan lokal yang datang ke sana. Kemarin sempat ada yang memeriksa KTP-nya,” ungkap Tri Budiprayitno.

Hanya saja, ia menekankan bahwa pihaknya juga tidak menutup mata dengan kepentingan ekonomi masyarakat yang perlu mendapatkan rezeki dengan berjualan di masa-masa liburan. Karena itulah, Tri Budiprayitno menegaskan pihaknya tetap membangun dialog dan memperhatikan keseimbangan antara prinsip aman dan produktif dalam penegakan protokol kesehatan. (aan)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional