Muazzim Instruksikan Kader PAN Sumbawa Menangkan Husni-Ikhsan

Muazzim Akbar (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Ketua DPW PAN NTB, H. Muazzim Akbar akhirnya mengeluarkan instruksi kepada kader dan pengurus partai di Kabupaten Sumbawa untuk memenangkan paket pasangan bakal calon Bupati/Wakil Bupati Husni Djibril-Muhammad Ihsan di Pilkada Sumbawa 2020.

“Karena ini kebijakan DPP PAN, maka kita tegak lurus dan satu komando mengamankan kebijakan DPP dengan memenangkan pasangan Husni-Ihsan,” kata Muazzim Akbar, Rabu, 9 September 2020. Sebelumnya diketahui Muazzim sempat tidak percaya dan membantah dukungan DPP PAN kepada Husni-Ihsan sampai H-1 pendaftaran bakal pasangan calon ke KPU. Bahkan dia menginstruksikan kepada DPC PAN Sumbawa untuk mendaftarkan pasangan Djarot-Muhlis ke KPU.

Iklan

Pihaknya memperoleh pemberitahuan secara resmi dari DPP terkait perubahan arah dukungan PAN di Pilkada Sumbawa pada Jumat 5 September. Dengan ada pemberitahuan itu, sehingga pihaknya meminta dan instruksikan kepada DPD PAN Sumbawa agar ikut daftarkan paket Husni-Ikhsan di KPU Sumbawa sebagai balon Bupati dan balon wakil Bupati.

Terkait hal itu, diakui Muazzim bahwa pihaknya di daerah sama sekali tidak mengetahui proses terbitnya SK dukungan DPP PAN kepada Husni-Ikhsan. Meski dalam aturan, kata dia, penentuan arah dukungan di Pilkada melalui proses penjaringan di daerah. Namun menurutnya, hal itu tidak menjadi persolan karena DPP punya otoritas dan kewenangan mutlak dalam menentukan sikap dukungan di Pilkada.

Sehingga terkadang ada hal-hal tertentu membuat DPP mengambil kebijakan, tanpa perlu melibatkan pengurus di daerah. “Terbit SK dukungan ke paket Husni-Ikhsan, komunikasi langsung antara pak ketum Zulhas dan ketum DPP PDIP ibu Megawati,” jelasnya.

Dengan kebijakan DPP PAN mengalihkan dukungan dari paket Djarot-Mokhlis kepada paket Husni-Ikhsan, pihaknya tunduk dan patuh dengan kebijakan tersebut. Dipastikan ada tiga koalisi partai dukung dan usung paket Husni-Ikhsan, yakni, PAN, PDIP dan PKB. “SK dukungan ke jarot-Mokhlis dibatalkan DPP,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikan, saat ini koalisi tiga parpol terus merapatkan barisan, memperkuat komunikasi dan koordinasi untuk melakukan kerja-kerja politik pemenangan paket Husni-Ikhsan di Pilkada Sumbawa. Baginya, Husni-Ihsan sebagai calon petahana dirinya optimis dan yakin tidak sulit untuk mensosialissikan paket Husni-Ikhsan kepada masyarakat pemilih di kabupaten Sumbawa.

Relatif kepemimpinan periode pertama Husni Djibril sebagai Bupati Sumbawa, sudah banyak capaian dan torehan prestasi. Terutama pembangunan instrastruktur dan daya dukungan sarana psarana pertanian. Sehingga pihaknya optimis Husni Djibril akan kembali memimpin Sumbawa lima tahun ke depan. “Kami cukup optimis kemenangan paket Husni-Ikhsan,” pungkasnya. (ndi)