MTsN 1 Loteng Kembangkan Ekstrakurikuler Tahfidz Al Qur’an

Pembinaan ekskul Tahfidzul Qur'an di MTsN 1 Loteng. Ekskul Tahfidzul Qur’an ini menjadi langganan juara di setiap event lomba. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Sebagai madrasah negeri pertama di bumi Tatas Tuhu Trasna, MTsN  1 Lombok Tengah tidak hanya unggul mencetak siswa-siswi di bidang akademik, kegiatan-kegiatan non akademik pun menjadi ladang produktif para santri dalam meraih prestasi.

Sederet juara, baik di tingkat daerah maupun nasional bahkan internasional menjadi langganan  siswa – siswi madrasah model ini,seperti lomba kompetisi sains madrasah (KSM), Lomba Pidato Tiga Bahasa, kompetisi Matematika, Karate, Boxing, Panah, Silat,

Iklan

Taekwondo, Drumband, PMR, Pramuka, Futsal, juga lomba-lomba berbasis keagamaan seperti Tilawatil Qur’an, Kaligrafi, sampai Tahfidz Al Qur’an.

Kepala MTs Negeri 1 Lombok Tengah H. Abdul Fatah menyatakan, khusus untuk Tahfidz Al Qur’an menjadi bidang-bidang yang selalu menyumbang prestasi pada setiap event. ‘’Untuk bidang Tahfidz Al Qur’an, kegiatan ekstranya termasuk menjadi pilihan yang banyak diikuti oleh para santri. Siswa-siswi yang ikut kegiatan tahfidz hampir mendekati 70 peserta,’’ terangnya pada Suara NTB belum lama ini.

Dijelaskannya pola perekrutan peserta ekstra Tahfidz Al Qur’an biasanya dilaksanakan setiap tahun ajaran baru. Menurut Pembina Lalu Ispan Riadi, pembukaan anggota atau peserta dilakukan setelah siswa-siswi baru selesai mengikuti kegiatan Masa Orientasi Santri Madrasah (Matsama ). Seperti yang biasa dilakukan, jadwal perekrutan bagi peserta Tahfidz adalah setiap pelaksanaan Matsama berakhir,yaitu dengan membagikan angket kepada seluruh siswa-siswi.

Terkait dengan jadwal pelaksanaan kegiatan ekstra Tahfidz, Lalu Ispan Riadi yang juga merupakan guru Bahasa Arab ini menyatakan pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Al Qur’an berlangsung satu kali dalam sepekan yaitu setiap hari Kamis yang pesertanya berasal dari kelas 7,8 dan 9. Sementara itu pelatih ekstra Tahfidz Ustadz Khairul Anam mengkonfirmasi jika peserta yang ikut kegiatan ini adalah rata-rata mereka yang sudah bisa dan fasih membaca Al Qur’an. Khairul Anam juga menambahkan, siswa-siswi yang ikut kegiatan Tahfidz selama ini banyak yang menjadi juara pada lomba MTQ. (dys)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional