Motivator Syafii Efendi: Sukses Butuh Komitmen

Mataram (suarantb.com) – Motivator dan Pengusaha Termuda Nomor 1 di Indonesia, Mr Syafii Efendi bersama SE Management kembali menggelar seminar di Lombok. Setelah pada Rabu, 2 November 2016 mereka menggelar seminar di Puri Indah Hotel and Conventions, hari ini, Kamis, 3 November 2016 seminar serupa digelar di aula Universitas Hamzanwadi Selong.

Tema yang diusung seminar ini juga sama, yakni Mengungkap Jejak Rahasia Sukses dari Seorang Motivator dan Pengusaha Termuda Nomor 1 di Indonesia.

Iklan

Namun, kali ini Syafii Efendi lebih menekankan pada komitmen. Salah satu jurus meraih sukses, yaitu dengan memegang teguh komitmen.

Memang, jurus pertama yang harus dipegang adalah miliki tujuan hidup yang jelas.

“Goal harus jelas, fokus. Jadi kita sudah tahu tujuan hidup kita itu apa. Bukannya cuma bilang ingin sukses, tapi tidak tahu mau sukses apa,” ujarnya di depan peserta seminar yang hadir.

Setelah tercipta sebuah tujuan yang jelas, komitmen untuk meraih tujuan tersebut harus dibina dan dipertahankan.

komitmen

Mr. Syafii Efendi berfoto bersama peserta seminar Mengungkap Jejak Rahasia Sukses dari Seorang Motivator dan Pengusaha Termuda Nomor 1 di Aula Universitas Hamzanwadi Selong, Kamis, 3 November 2016.

“Hidup itu butuh komitmen. Bukan cuma orang sudah menikah yang butuh komitmen. Dalam mengejar kesuksesan juga begitu,” jelasnya.

Dan untuk mempertahankan sebuah komitmen dalam meraih sukses sangatlah tidak mudah, butuh tekad sekeras baja. Oleh karena itu, Syafii Efendi menunjukkan sebuah video pada peserta yang hadir tentang perjuangan seorang anak yang ingin bertemu dan mendapatkan tanda tangan tokoh idolanya. Berkat komitmen kuat akan mimpi itu, ia pun berhasil.

Satu hal yang selalu ditekankan Syafii Efendi pada para pelajar yang hadir dalam seminarnya ialah agar jangan menyia-nyiakan masa muda. “Jangan buang waktu untuk pacaran-pacaran, galau-galauan. Stop itu semua. Mulai pikirkan masa depan, sebelum terlambat,” pesannya.

syafii efendi

Mr. Syafii Efendi saat Swafoto bersama peserta seminar Mengungkap Jejak Rahasia Sukses dari Seorang Motivator dan Pengusaha Termuda Nomor 1 di Aula Universitas Hamzanwadi Selong, Kamis, 3 November 2016.

Selama ini di bangku sekolah, memang tak dipungkiri pelajar hanya disuruh untuk menyelesaikan sekolah atau kuliah dengan cepat. Tak banyak yang mengajarkan muridnya untuk cepat mengejar kesuksesan.

Diakui Syafii Efendi, sukses memang bukan terletak pada sekolah. Apalagi jika hanya mengandalkan ijazah dari sekolah atau kampus. “Sukses itu bukan tanggung jawab sekolah, bukan tanggung jawab kampus. Jadi kalau kalian hanya bergantung pada kalian sendiri. Ada lulusan UI sampai dapet gelar Master tapi hidupnya miskin, bahkan ia ingin melegalkan bunuh diri karena hidupnya susah,” tuturnya.
Berawal dari inilah, maka Syafii Efendi tertarik untuk membagi kisah suksesnya pada pelajar di Lombok. Dengan harapan mereka tergerak bisa meraih kesuksesan yang sama atau bahkan lebih. “Kalau saya bisa berada di posisi saya saat ini, tentu kalian juga bisa. Kalian juga bisa melakukan hal yang sama atau bahkan lebih dari saya,” tekannya dalam setiap seminarnya.

Satu hal yang selalu patut diingat dari sekian motivasi yang diberikan Syafii Efendi adalah ‘If you wanna get something, you must give something’. “Sukses itu tidak ada yang gratis. Harus ada harga yang dibayar untuk sebuah kesuksesan. Mau suksesnya besar, harga yang dibayar pasti mahal,” ucap Syafii Efendi.

Minat para pelajar di Lombok, baik di Kota Mataram maupun Lombok Timur mengikuti seminar dari Motivator Termuda Nomor 1 di Indonesia ini sangat tinggi. Hal ini diakui Leader SE Management di Mataram, Nabilla Bilqis Zulaecha. Ia mengatakan jumlah peserta yang mendaftar selalu melebihi kuota.
“Selalu sering melebihi kuota, bahkan sangat-sangat melebihi kuota. Padahal kita sudah siapkan kuota segini, yang daftar lebih banyak,” ujarnya. (ros/*)