Mori Hanafi Siap Sejahterakan Petani Jagung Dompu

Dompu (Suara NTB) – Keberhasilan Dompu sebagai penghasil jagung menjadi satu hal yang diapresiasi oleh Calon Wakil Gubernur NTB nomor urut 2, H. Mori Hanafi, SE, M.Comm, pada saat kunjungannya di Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu baru-baru ini.

“Ladang jagung yang ada di Dompu ini memang menjanjikan mengingat adanya kemajuan pesat beberapa tahun belakangan. Dan membangun kembali lahan tidur yang ada di Dompu memang merupakan salah satu prestasi yang patut dibanggakan. Maka dari itu jika pasangan Ahyar Mori terpilih maka kami berjanji untuk lebih fokus memperhatikan kesejahteraan para petani jagung,” demikian ucap Mori Hanafi, Calon Wakil Gubernur NTB Nomor Urut 2 ini.

Iklan

Mori Hanafi sangat fokus dalam merealisasikan swasembada jagung mengingat komoditas ini sangat strategis. Selain itu tidak dapat dipungkiri bahwa peranan jagung sangat penting dalam mendukung industri pangan dan pakan di Indonesia.

Jagung dipilih sebagai komoditas unggulan karena mudah dibudidayakan, selain itu didukung pula oleh potensi lahan NTB yang sangat luas dan iklim yang cocok, serta pasar yang terbuka lebar.

Bersamaan dengan itu, Mori Hanafi juga sempat bersama-sama dengan petani jagung melihat serta turun membantu hasil panen di Kecamatan Kilo.

Sebagai calon pemimpin NTB, Mori memang memberikan perhatian yang besar pada sejumlah komoditas strategis di NTB. Dalam berbagai kesempatan, Mori kerap menegaskan bahwa kemajuan sektor pertanian di NTB adalah kunci untuk menekan angka kemiskinan.

Mori percaya bahwa untuk bisa bergerak maju, sektor pertanian harus mengadaptasi kemajuan di bidang industri pengolahan. Dengan demikian, petani tidak lagi hanya mengandalkan penjualan hasil panen dalam bentuk jagung.

Lebih dari itu, para petani di NTB bisa melangkah lebih jauh dengan mengolah hasil panen mereka menjadi komoditas yang bernilai jual lebih. Ada begitu banyak produk di pasaran yang dibuat dengan bahan dasar jagung. Jika warga Dompu bisa mengadaptasi teknologi pengolahan ini, Mori meyakini para petani dan warga Dompu bisa semakin sejahtera berkat nilai lebih yang mereka petik dari komoditas jagung.

Dengan strategi pengolahan pula, petani jagung bisa melepaskan diri dari ancaman turunnya harga komoditas jagung saat musim panen. Seperti diketahui, ada banyak petani yang mengeluhkan turunnya harga jagung saat musim panen. Akibatnya, harga yang mereka dapatkan dari menjual jagung tidak sepadan dengan biaya tanam mereka.

Sebelumnya, Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin juga sempat mengingatkan kepada petani untuk menjaga kualitas jagungnya dan tidak menjualnya sebelum dikeringkan. Petani Dompu diyakini memiliki pengalaman menyikapi harga jual jagung.

“Petani Dompu sudah tiga kali melakukan panen raya jagung dan harganya cukup stabil. Ini dipengaruhi oleh kualitas jagung yang dipanen bagus. Saya meminta kepada para petani untuk menjaga kualitas jagungnya sebelum dipanen dan dijual,” kata H. Bambang M Yasin belum lama ini.

Ketika jagung dipanen belum pada usianya akan berdampak pada kualitas jagung yang dihasilkan. Seperti jagungnya akan mudah pecah saat digiling dan kadar airnya cukup tinggi. Ketika kualitas jagung rendah, maka akan berdampak pada rendahnya harga jual jagung.

“Sekarang ini sedang puncaknya musim hujan. Kalau jagung dipanen sekarang, tentu kadarnya airnya tinggi,” katanya. Sementara usia produksi jagung hibrida berkisar 100 – 140 hari dan diperkirakan, masa panen raya jagung di Dompu pada April 2018 mendatang.

Ia pun menanggapi soal kabar anjloknya harga jagung menjelang masa panen raya. Menurutnya, harga jagung masih relatif stabil. Harga yang anjlok seperti yang beredar disebabkan oleh kualitas jagung yang masih memiliki kadar air tinggi dan jagungnya pecah. “Harga itu tergantung harga. Saya minta kepada petani untuk mengeringkan jagungnya sebelum dijual,” pintanya.

Sebagaimana diketahui, luas hamparan jagung petani Dompu yang siap dipanen tahun 2018 ini sekitar 40 ribu ha. Puncak panen raya jagung Dompu pada April – Mei 2018. Pada akhir Maret 2018, gudang pembeli jagung Dompu diperkirakan akan mulai menampung dan membeli jagung. Pada masa ini, harga jagung diharapkan tetap stabil. (tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here