Momentum Bulan Ramadhan, Pemkab Lobar Salurkan Bantuan Hibah untuk Masjid dan Yayasan

Wabup Lobar Hj. Sumiatun menyerahkan bantuan hibah kepada pengurus masjid di Sekotong Barat pekan kemarin. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Bulan suci Ramadan ini dimanfaatkan oleh jajaran Pemkab Lombok Barat (Lobar) untuk menyalurkan bantuan hibah kepada yayasan atau lembaga, pondok pesantren (ponpes) dan masjid. Seperti yang dilakukan Bupati Lobar H. Fauzan Khalid saat Safari Ramadhan di Masjid Nurul Yaqin, Dusun Bengkaung Lauq, Desa Bengkaung, Kecamatan Batulayar. Kemudian Wakil Bupati (Wabup) Lobar Hj. Sumiatun menyerahkan bantuan hibah secara simbolis kepada dua masjid di Kecamatan Sekotong, akhir pekan kemarin. Sedangkan sekda menyalurkan bantuan hibah di Kediri.

Bantuan hibah yang masing-masing diterima oleh pengurus masjid ini berjumlah Rp25 juta per masjid. Untuk di Kecamatan Sekotong diterima Abdurahman mewakili Masjid Nurul Hidayah Dusun Batu Leong, Desa Sekotong Barat dan Masjid Nurul Iman, Dusun Temeran, diterima Nasri Yasin dari Wabup Lobar Hj. Sumiatun.

Iklan

Wabup Lobar Hj. Sumiatun dalam sambutan singkatnya mengatakan, penyerahan bantuan hibah Pemkab Lobar kepada masyarakat ini diarahkan sarana ibadah.”Alhamdulillah di Kecamatan Sekotong mendapatkan bantuan di tujuh program hibah. tiga untuk yayasan dan empat untuk masjid,” terangnya.

Meski demikian, diakuinya, bantuan hibah ini belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh pandemi Covid-19. “Saya mohon kepada semua masyarakat agar membantu pemerintah  dalam penanganan Covid ini. Terapkan selalu protokol kesehatan, karena desa merupakan ujung tombak,” ujarnya.

Kabag Kesra Setda Lobar H. Maksum mengatakan untuk bantuan hibah tersebut diserahkan secara simbolis oleh tim Safari Ramadhan yang dibagi tiga, yakni dipimpin bupati, wabup dan sekda. “Sebelum dicairkan kami turun melakukan verifikasi faktual (lapangan),” jelas dia.

Disebutkan tahun ini bantuan hibah akan diberikan kepada 87 lembaga, terdiri organisasi keagamaan sebanyak 14 lembaga, tempat ibadah 39 dan 34 yayasan ponpes. “Sehingga totalnya 87 lembaga,” jelasnya.

Bantuan hibah tahun ini mencapai Rp 6,9 miliar. Di dalamnya terdapat program pokok pikiran (pokir) hampir Rp 3 miliar dari total hibah Rp 6,9 miliar. Untuk penyaluran hibah ini dilakukan empat tahapan. Yakni triwulan I sebesar 20 persen atau sebesar Rp 1,3 miliar, triwulan 30 persen atau sekitar 2,3 miliar dan triwulan III 20 persen serta Triwulan IV 20 persen. Untuk penyaluran hibah pada bulan puasa ini dilakukan pada saat Safari Ramadhan oleh tim Pemda.(her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional