Mohan Persiapkan Mutasi Pejabat

Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana berdiskusi dengan Sekda Kota Mataram, H. Effendi Eko Saswito, Senin, 1 Maret 2021. Baperjakat diminta segera mempersiapkan perombakan jabatan. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana telah memerintahkan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) untuk segera mempersiapkan perombakan pejabat di Lingkup Pemkot Mataram. Pergeseran maupun mutasi pejabat dibutuhkan untuk menyelesaikan program prioritas.

Sekretaris Daerah Kota Mataram, Dr. H. Effendi Eko Saswito dikonfirmasi, Senin, 1 Maret 2021 mengatakan, pengisian jabatan harus tetap melalui izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terutama untuk pengisian jabatan eselon III dan IV. Analisis jabatan dan analisis beban kerja sampai saat ini belum dilakukan oleh baperjakat. Untuk proses seperti itu diperlukan kesiapan administrasi dan lain sebagainya. “Jika diperlukan kita juga bisa lakukan asesmen khusus eselon III dan IV,” kata Sekda.

Iklan

Sebelum kebijakan pengisian jabatan kosong, kemungkinan dilakukan rolling tapi sangat tergantung dari keputusan kepala daerah. Sesuai aturan pengisian mutasi jabatan boleh dilaksanakan oleh kepala daerah enam bulan setelah dilantik. Artinya, mutasi jabatan baru bisa digelar di Kota Mataram pada bulan Agustus mendatang.

Sekda menambahkan, kebijakan itu sangat tergantung dari izin dari Kementerian Dalam Negeri. “Jika diizinkan maka kita laksanakan,” tandasnya.

Baperjakat rencana pekan ini mulai mempersiapkan administrasi serta dokumen untuk segera diajukan ke Kemendagri dan KASN. Pasalnya, jabatan pimpinan tinggi pratama banyak yang kososng. Seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Koperasi Perindustrian dan UKM serta staf ahli. Jabatan kosong menjadi alasan untuk segera diisi. (cem)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional