Mohan Lampaui Capaian Ayahnya, Ini Wejangan dari Sesepuh Golkar

H. Mohan Roliskana (kiri) dan ayahnya H. Moh Ruslan (alm). (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Para sesepuh partai Golkar NTB menaruh harapan besar kepada H. Mohan Roliskana sebagai Ketua DPD partai Golkar NTB yang baru. Para kader senior meyakini, di tangan Mohan, Golkar NTB bisa lebih berjaya lagi dari saat ini.

Lalu Mesir Suryadi, salah satu sesepuh partai Golkar di NTB mengatakan demikian. Ia melihat dengan terpilihnya Mohan sebagai Ketua DPD Golkar NTB pada Musda kali ini, roda kaderisasi di internal partai beringin yang selama ini tersumbat mulai bergerak.

Iklan

“Selama ini kaderisasi kepemimpinan di Golkar NTB itu tak pernah jalan maksimal. Kali ini saya melihat wajah baru memimpin Golkar NTB, anak muda yang masih sangat energik, masih bersih, belum terkontaminasi oleh permainan-permainan kotor,” ungkap Mesir Suryadi kepada Suara NTB, Rabu, 3 Maret 2021.

Meskipun dengan usia yang relatif muda, Ketua dewan pertimbangan partai Golkar di masa kepemimpinan Suhaili itu meyakini Mohan cukup matang untuk mengelola partai Golkar NTB lebih baik dari sebelumnya.

Pengalaman sebagai Wakil Walikota Mataram dua periode, selanjutnya terpilih sebagai Walikota Mataram dan memimpin DPD II Golkar Mataram dinilai menjadi modal yang kuat.

“Saya percaya Golkar akan lebih baik. Dengan pengalamannya di pemerintahan dan partai saya tidak ragukan Mohan akan bisa memenajemen partai ini dengan baik. Tentu sambil banyak berdiskusi dan mendengarkan saran dan pendapat dari kader-kader senior juga,” katanya.

Selain itu, mantan Ketua DPD partai Golkar NTB itu juga mengungkapkan apa yang telah dicapai Mohan saat ini di partai Golkar bisa dikatakan menyambung cita-cita almarhum ayahnya, H. Muhammad Ruslan yang dulu pernah gagal terpilih sebagai Ketua DPD Golkar NTB.

Ia berharap, hal tersebut juga bisa dijadikan motivasi oleh Mohan untuk membesarkan partai Golkar NTB yang tidak sempat bisa dilakukan oleh ayahnya.

“Bisa juga begitu, itu sangat bagus. Dulu memang almarhum pak Ruslan pernah jadi calon Ketua DPD tapi tidak berhasil. Meskipun memang antara keduanya tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing,” katanya.

Meskipun karir politiknya di partai Golkar dapat melampaui capaian Ayahnya. Mesir mengingatkan Mohan agar tidak cepat berpuas diri. Sebab Mohan sendiri masih cukup muda dan memiliki masa depan politik yang cukup panjang, serta masih terbuka dan memungkinkan untuk meraih capaian-capain karir politik yang lebih tinggi lagi dari apa yang sudah diraih saat ini.

“Saran saya, jangan cepat berpuas diri, dan jangan cepat emosi. Bekerjalah dengan baik, berikan yang terbaik kepada masyarakat dan untuk partai. Maka nanti masyarakat dan partai akan menilai sendiri hasil kinerja kita,” cetusnya.

Ketika disinggung terkait dengan peluang Mohan untuk tampil maju sebagai calon Gubernur NTB tahun 2024 mendatang. Mengingat salah satu syarat tidak tertulis untuk menjadi Ketua DPD partai Golkar NTB, harus siap untuk dicalonkan sebagai Gubernur.

Terkait hal itu, mantan Ketua DPRD NTB ini menyarankan agar Mohan tidak terburu-buru berpikir ke arah sana. Ia lebih setuju Mohan fokus dulu melaksanakan tugasnya sebagai Walikota Mataram dan mengelola partai Golkar NTB.

“Kalau pendapat saya pak Mohan lebih baik selesaikan dulu tanggungjawabnya saat ini. Jangan dulu terburu-buru berpikir kesana. Pak Mohan masih panjang jalannya, tanggungjawab di depannya sekarang ini juga masih berat. Kalau hasil kinerja sebagai Walikota bagus, di partai bagus, dengan sendirinya nanti akan kesana juga arahnya (Pilgub NTB),” katanya.

Mesir nampaknya kurang setuju jika Mohan langsung didorong untuk tampil di Pilgub NTB hanya karena dia Ketua DPD Golkar NTB. Mengingat Mohan baru saja dilantik sebagai Walikota, dan masih memiliki kesempatan untuk melanjutkan ke peirode keduanya.

“Kan Ketua DPD Golkar NTB itu tidak wajib, dan otomatis harus jadi calon Gubernur. Kalau memang ada kader yang lain, yang lebih baik, lebih bagus, ya tidak harus ketua yang nyalon. Saya saran ke pak Mohan, agar manfaat waktu dan kesempatan yang sekarang ini untuk memberikan yang terbaik dulu, untuk yang terbaik,” pungkasnya. (ndi)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional