Modus Bakar Pohon, Perambah Hutan Rinjani Segera Diadili

Penyidik Dinas LHK Provinsi NTB melimpahkan tersangka perambahan kawasan hutan Rinjani RTK.1 ke jaksa penuntut umum, Selasa, 13 Oktober 2020. (Suara NTB/Dinas LHK Provinsi NTB)

Mataram (Suara NTB) – Tersangka perambahan kawasan hutan Gunung Rinjani RTK.1 Edi Gunawan dilimpahkan ke jaksa penuntut umum. Tersangka yang menggunakan modus membakar hutan untuk membuka lahan pertanian baru ini akan segera diadili.

“Pelimpahan ini untuk dilanjutkan ke tahap persidangan. Kita limpahkan ke jaksa penuntut umum,” ungkap Kasi Gakkum Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB Astan Wirya, Selasa, 13 Oktober 2020.

Iklan

Edi disangka membakar pohon kawasan hutan Gunung Rinjani di Dusun Aik Nyet, Desa Buwun Sejati, Narmada, Lombok Barat. Kawasan hutan lindung itu dibuka sebagai areal perkebunan baru seluas hampir 300 hektare.

Tersangka Edi dilanjutkan penahanannya di Rutan Polda NTB sambil menanti proses persidangan. Edi merupakan salah satu dari tiga tersangka yang membuka lahan kawasan hutan. “Edi membawa alat tebang, dan korek,” terangnya.

Kasusnya itu, sambung dia, kemudian dikembangkan lagi sampai kemudian ditetapkan dua tersangka baru. Mereka yakni JNA, NRH, dan STH. “JNA dan STH ini tokoh dan Ketua RT setempat. Mereka aktornya. Modusnya jual beli lahan kawasan hutan,” kata Astan.

Terpisah, Juru Bicara Kejati NTB Dedi Irawan menerangkan pelimpahan tersebut sudah diterima jaksa penuntut umum. Pelaksanaan administrasi pelimpahannya melalui Kejari Mataram. “Nanti segera dilimpahkan ke pengadilan,” ucapnya.

Para pelaku perambahan ini merambah kawasan hutan di Dusun Aik Nyet dengan menebang dan membakar pohon. Masing-masing perannya membuka kawasan hutan tanpa izin dengan menebang pohon, dipotong, kemudian dibakar di dalam kawasan hutan.

Tersangka bersama-sama. Total lahan yang dirambah seluas 300 hektare. Setelah lahan dirambah, para tersangka berencana menggarapnya sebagai areal perkebunan. Kayu yang ditebang jenis rimba campuran. Jumlah tebangan 100 pohon diameter 10 sampai 35 cm. (why)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional