Minta Sekolah Swasta Berinovasi

H Sudenom

SUARANTB.com – Mataram, MESKI sempat diwacanakan penghapusan sistem bina lingkungan dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) oleh Penjabat Walikota Mataram, Dra. Hj. Putu Selly Andayani,M.Si., namun hal belum sepenuhnya dilanjutkan pada kepemimpinan H. Ahyar Abduh. Sistem bina lingkungan tahun masih berlaku.

Resikonya, sekolah swasta bakal menjadi korban karena kekurangan siswa. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) pun meminta sekolah swasta berinovasi untuk mendapatkan peserta didik baru.

Iklan

Dikonfirmasi di sela rapat paripurna di Gedung DPRD Kota Mataram, Kepala Dikpora Kota Mataram, H. Sudenom menegaskan, sistem bina lingkungan tidak dapat dihapuskan begitu saja karena telah diatur dalam peraturan daerah. Langkah ini ditempuh pemerintah karena lebih memprioritaskan pendidikan anak – anak di Kota Mataram.

“Kita kan ingin semua anak – anak di Kota Mataram sekolah. Emang mau anak di Mataram tidak sekolah,” kata Sudenom, Senin (27/6).

Sebenarnya, tidak ada perbedaan antara sekolah negeri dan sekolah swasta. Mereka memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan peserta didik. Namun demikian kata Sudenom, tergantung bagaimana cara sekolah berinovasi serta menunjukan prestasi sekolah mereka.

Ia menyebutkan, kouta penerimaan peserta didik baru di SMA 1 misalnya, dibutuhkan hanya beberapa siswa saja. Sementara, pendaftarnya lebih dari 400 siswa. Artinya, kemungkinan – kemungkinan untuk tidak lolos besar. Secara keseluruhan terdapat 2.000 peserta didik baru. Dan ini harus dimaksimalkan oleh sekolah swasta. “Ndak mungkin semuanya diterima. Jadi harus betul – betul maksimal,” katanya.

Oleh karena itu, sekolah swasta harus berpikir serta menganalisis bagaimana cara yang dilakukan, sehingga tidak selalu menyalahkan pemerintah.

Peluang – peluang lain lanjut Sudenom, bisa juga diambil oleh sekolah di luar Kota Mataram. Siswa dari Mataram bisa saja sekolah ke Lombok Barat dan lain sebagainya dengan melihat aspek – aspek lainnya. “Sekolah negeri dan swasta luar Kota Mataram bisa saja dipilih oleh siswa,” ujarnya.

  STIE AMM Kembali Buka Pendaftaran Pelatihan Pajak Aplikatif

Seperti diketahui, Senin (27/6) kemarin, seluruh sekolah di Kota Mataram melakukan seleksi penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2016 – 2017. Beberapa sekolah khususnya sekolah favorit seperti SMAN 1 Mataram, SMAN 2 dan SMAN 5 Mataram menjadi incaran para siswa. Sejak pagi para siswa didampingi orangtua mendaftarkan dengan harapan bisa masuk di sekolah favorit. (cem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here