Minim Peralatan, Destinasi Wisata Paralayang KLU Mati Suri

Aktivitas usaha jasa paralayang sempat dibuka, namun tidak berlanjut karena minim fasilitasi. (Suara NTB/ist)

Tanjung (Suara NTB) – Sempat mencuat ke permukaan, usaha Paralayang masyarakat Desa Malaka yang dihajatkan bakal ramai oleh pengunjung kini tenggelam. Destinasi itu bahkan mati suri karena tidak minimnya peralatan.

Ketua Club’ North Lombok Paragliding, L. Yanis Maladi, kepada wartawan Sabtu, 19 Juni 2021 mengakui, usaha yang dijalankan masyarakat tersebut tak bisa berjalan lantaran kekurangan peralatan. Kendati pemerintah daerah mealui dinas terkait sudah membantu pelatihan tenaga operasional.

Iklan

“Tahun 2020 kemarin sekitar 30 orang sudah diberikan pelatihan dan sudah memiliki sertifikat PL 1. Sayang sekali kalau anak-anak KLU yang punya sertifikat PL 1 ini tidak difungsikan,” ujar Yanis.

Pihaknya menginginkan, ada tindaklanjut atas pembinaan yang sudah dilakukan. Yakni dengan memberikan dukungan fasilitas perlengkapan pendukung yang dibutuhkan.

Yanis sendiri optimis, potensi Paralayang ini bisa berkembang. Sejumlah tempat seperti Nipah, Setangi, seputaran Kantor LIPI hingga Bukit Buani (Kecamatan Gangga), merupakan lokasi destinasi paralayang yang menarik. Namun tempat-tempat ini hanya akan berjalan apabila peralatan jasa paralayang memadai.

“Jika serius dikembangkan itu sangat bagus, banyak hal yang dilakukan. Tetapi sekali lagi kita terkendala alat,” imbuhnya.

Yanis menambahkan, Pemda KLU diminta segera bersiap diri menyambut event MotoGP Mandalika. Pasalnya, Lombok Utara menjadi penyangga destinasi wisata bagi lokasi KEK Mandalika.

Sekretaris Club North Lombok Paragliding, Raden Hady Santika menguatkan putra daerah yang terlibat pelatihan Paralayang mendapat atensi dari tutur. Bahkan diklaim, di antara peserta memiliki potensi sebagai atlet paralayang profesional mewakili daerah. “Setidaknya diklaim ada 2 orang asli KLU yang berpotensi menjadi atlet asal kemampuannya terus diasah. Sehingga kita harapkan ada dukungan 3-4 parasut,” tambahnya. (ari)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional