Minim Peminat, Insentif untuk Dokter Spesialis Perlu Dipertimbangkan

Iswandi (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Rendahnya peminat untuk pelamar CPNS khusus dokter spesialis disebut perlu mendapat perhatian khusus. Pasalnya, untuk beberapa kali pembukaan lowongan CPNS dilakukan posisi tersebut belum banyak diisi sehingga NTB sampai saat ini masih kekurangan dokter spesialis.

Penjabat Sekda NTB, Dr. Ir. H. Iswandi, M.Si, menerangkan bahwa daerah bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya adalah dengan pemberian insentif khusus bagi dokter spesialis yang bekerja.

Iklan

‘’Rumah sakit seperti di Sumbawa yang kurang dokter sepesialisnya itu bisa memberi insentif sesuai dengan kemampuan dia di sana,’’ ujarnya ketika dikonfirmasi, Senin, 18 November 2019 di Mataram.

Besaran insentif, bergantung pada kinerja yang diberikan oleh dokter spesialis di masing-masing daerah. Walaupun begitu, hal tersebut diharapkan dapat menarik minat sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kapabilitas untuk profesi tersebut, terutama untuk menjadi pegawai negeri.

‘’Prinsipnya kalau kita itu memang seperti itu. Untuk menarik minat dokter spesialis mau bekerja dan tertarik menjadi CPNS juga,’’ ujarnya.

Berdasarkan data per lokasi formasi di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB sendiri, sampai dengan Senin, 18 November 2019 belum ada satupun pelamar untuk posisi dokter spesialis. Diketahui, dari 101 formasi untuk tenaga kesehatan di Pemprov NTB, terdapat 33 jenis jabatan yang dicari. Antara lain, apoteker 6 formasi, bidan 3 formasi, dokter 6 formasi, dokter gigi 4 formasi, dokter spesialis kandungan 5 formasi, dokter spesialis anak 3 formasi, dokter spesialis anestesi 1 formasi, dokter spesialis bedah 1 formasi.

Kemudian, dokter spesialis bedah syaraf 1 formasi, dokter spesialis jantung 1 formasi, teknisi elektromedis 1 formasi, dokter spesialis kulit dan kelamin 1 formasi, dokter spesialis mata 1 formasi, dokter spesialis paru 1 formasi, dokter spesialis patologi anatomi 1 formasi, dokter spesialis penyakit dalam 2 formasi.

  Siapkan Wisata Medis, RSUD NTB Suguhi Jamu Sebagai Penyambut Tamu

Selanjutnya, dokter spesialis radiologi 2 orang, dokter spesialis rehabilitasi medik 1 formasi, dokter spesialis syaraf 2 formasi, dokter spesialis THT 1 formasi, dokter spesialis urologi 1 formasi, perawat Ners 33 formasi, pranata laboratorium kesehatan 6 formasi, psikologi klinis 5 formasi, sanitarian 2 formasi, administrator kesehatan 1 formasi, entomologi kesehatan 1 formasi, fisikawan medis 1 formasi, fisioterapis 1 formasi, nutrisionis 2 formasi, perekam medis 1 formasi, radiografer 1 formasi dan teknis elektrimedis 2 formasi. (bay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here