Minim, Guru Seni di Sekolah

Kids Drawing Children Graffiti Crayon Parenting

Mataram (Suara NTB) – Saat ini guru seni yang pandai dalam teori dan praktik dirasa masih minim di sejumlah sekolah. Kondisi ini akan menyultikan pengembangan bakat seni yang dimiliki siswa di sekolah.

“Kondisi guru seni masih minim, hampir rata-rata guru seni di sekolah sangat minim sekali, harapan kita ke depan, kepada pemerintah untuk bisa mengangkat guru seni,” kata Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Layanan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus-Pendidikan Layanan Khusus (Dikmen dan PK-PLK) Lobar Mataram, H. M. Mashun, di ruang kerjanya, Jumat, 19 Mei 2017.

Iklan

Ia menyebutkan, banyak sekolah yang tidak memiliki guru seni, tapi memiliki siswa yang memiliki talenta seni. Terkadang ketika lomba, barulah sekolah memberikan arahan kepada siswanya yang rata-rata belajar kesenian di luar sekolah. Padahal di NTB memiliki bakat seni yang beragam.

“Terutama di NTB ini secara alami kita memiliki bakat tari seperti tari Bali, tari Lombok asli, itu kita punya, tapi banyaknya sekolah yang belum memiliki seperti tadi, guru tari guru seni yang ada di sekolah, sehingga kadang-kadang  sekolah itu mencari-cari guru atau praktisi dari luar,” ujarnya.

Oleh karena itu, UPTD Dikmen dan PK-PLK Lobar Mataram akan melaksanakan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) untuk menggali potensi seni siswa. Kegiatan itu akan dilaksanakan pada 20 sampai dengan 23 Mei.

Mashun berharap pemerintah di NTB bisa mengangkat guru seni, sehingga potensi seni siswa yang berkembang di sekolah bisa dipantau, karena ajang untuk merefleksikan anak dari seni.

“Harapan kita, kepada kepala sekolah yang memiliki siswa, talenta seni itu, supaya dicarikan guru seni yang bisa membina di sekolah itu,” harapnya.

Pelajaran seni sendiri baginya sangat penting. Karena nuansa keindahan ada pada seni. Bakat yang dimiliki siswa tidak akan bisa berkembang, jika tidak dikembangkan oleh sekolah. Di situlah peran guru seni yang menguasai teori dan praktik. (ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here