Minim Anggaran, Disperkim Lobar Lakukan Lobi Percantik Jalur BIL

Menyambut MotoGP kawasan bundaran GMS dan jalur bypass BIL ini akan ditata dan dipercantik oleh Dinas Perkim Lobar. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Lombok Barat (Lobar) harus melakukan lobi sana-sini untuk meminta dukungan mempercantik jalur strategis Bandara Internasional Lombok (BIL) jelang perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika Lombok Tengah. Pasalnya, dinas terkait sangat minim sekali anggarannya untuk penataan yang dialokasikan dari APBD Lobar.

Kepala Disperkim Lobar H. L. Winengan mengatakan jelang MotoGP, pihaknya berupaya menata jalur strategis BIL supaya terlihat cantik dan indah. Namun anggaran diakui minim sekali dari APBD. “Anggaran kami minim untuk penataan sehingga kami lobi kemana-mana” jelasnya, Jumat, 15 Januari 2022.

Iklan

Dikatakan, pihaknya berusaha mencari Corporate Social Responsibility (CSR)  dari perusahaan. Termasuk dukungan mitra kerjanya. Pihaknya pun sudah mendapatkan CSR dari Bank NTB. CSR ini, atas dukungan dari bupati. CSR yang diperoleh sebesar Rp100 juta untuk menata kawasan BIL dan bundaran GMS.

Untuk menata kawasan seputaran bundaran itu, pihaknya menaruh pot dan ditanami bunga sejenis jasmin, sakura, bugenvil. Sedangkan untuk sepanjang jalur Bypass BIL I dan bypass BIL II, akan ditambah ditanami bunga-bunga tersebut. “Kita tambah tanaman bunga-bunga, ini untuk menyambut MotoGP,” ujarnya.

Pihaknya tidak menanam Ketapang kencana, karena berbahaya. Sedangkan untuk lampu penerangan, pihaknya mendapatkan bantuan hibah dari Kementerian ESDM. Pihaknya mendapatkan bantuan hibah bola lampu dari Kementerian ESDM sebanyak 500 biji. Dan itu akan dipasang di bypass BIL I maupun bypass BIL II.

Selain itu, ada juga nanti bantuan dari provinsi sekitar 40 biji bola lampu yang akan dipasang di beberapa titik. Ia menambahkan, penataan akan dilakukan di jalur strategis.

Bagiamana dengan jalur pintu masuk? Menurutnya itu akan dikoordinasikan dengan pihak terkait di pelabuhan. Ia mengimbau agar masyarakat menjaga bunga yang nanti ditanam. Ia juga mengajak agar masyarakat membawa bunga dan ditanam di sepanjang jalur bandara. (her)

Advertisement