MGPA Optimis Sirkuit Mandalika Siap September

Konstruksi menara lampu start/finish sirkuit Mandalika yang merupakan salah satu fasilitas pendukung balapan sudah selesai dikerjakan.  (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Proyek pembangunan sirkuit internasional Mandalika kini masuk tahap akhir, dengan progres sudah diatas 93 persen. Sejumlah pekerjaan utama dan berat sudah bisa diselesaikan, termasuk penyelesaian aspal lintasan balapanya. Dan, kini tinggal menyisakan beberapa pekerjaan minor saja. pihak Mandalika Grandprix Assocation (MGPA) pun optimis, pembangunan sirkuit jalan raya pertama di dunia untuk event MotoGP ini bisa rampung September mendatang.

“(Sirkuit) sudah hampir rampung, tinggal benahi yang kecil-kecil saja. Sebentar lagi juga kelar,” sebut Chief Strategic and Communication MGPA Officer, Happy Harinto, dalam keterangannya kepada Suara NTB, Kamis, 26 Agustus 2021.

Iklan

Ia mengatakan, sejumlah pekerjaan utama seperti jalur lintasan balap, pagar pembatas dan beberapa fasilitas penunjang sirkuit lainya sudah selesai. Termasuk pembangunan tiang lampu start/finish sirkuit, kontruksinya juga sudah 100 persen. Melihat progres yang positif tersebut, pihaknya yakin optimis sirkuit Mandalika bisa selesai dalam waktu yang tidak lama lagi.

“Yang jelas sebelumnya perhelatan WSBK (World Superbike) digelar (sirkuit sudah siap),” tegasnya. Para sejauh ini terus berupaya menyelesaikan semua sisa pekerjaan yang belum tuntas. Supaya sirkuit Mandalika bisa selesai dan benar-benar siap menggelar event internasional yang sudah diagendakan.

Untuk itu, pihaknya berharap dukungan dari semua elemen masyarakat di daerah ini. Agar proses pembangunan sirkuit Mandalika bisa tetap berjalan dengan aman dan lancar. Sehingga bisa tuntas tepat waktu seperti yang sudah ditargetkan. Yang pada akhirnya sirkuit Mandalika bisa benar-benar menjadi sirkuit kebanggaan masyarakat NTB dan Indonesia secara lebih luas lagi.

Sampai sejauh ini, fasilitas utama yang masih dalam penyelesaina yakni race control. Bangunan dua lantai seluas 1.045 meter persegi tersebut memiliki peranan penting dalam event motorsport baik MotoGP maupun WSBK. Sebagai pusat supervisi dan pengatur jalannya balapan.

Race control nantinya akan dilengkapi dengan peralatan-peralatan elektronik super canggih. Mulai dari jaringan WiFi, CCTV, televisi, light system, timing system, peredam suara dan transponder yang memiliki spesifikasi khusus. Dan, hanya bisa diakses oleh orang-orang yang berkepentingan seperti Race Direction, Safety Officer, Promotor Representative, FIM MotoGP Stewards dan Clerk of Course (CoC), Deputy COC, Marshal Head, Timing System, Secretary.

Bangunannya sendiri ditargetkan rampung pada September 2021 mendatang. Memiliki desain modern yang memadukan karakter kecepatan dan dinamis lintasan balap dan kearifan lokal dari cerita Putri Mandalika serta menjadi bakal menjadi ikon baru bagi Sirkuit Mandalika itu sendiri. (kir)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional