Meski Mundur, Target Pengembangan BIZAM Masih ‘’On The Track’’

Proyek perpanjangan run way bandara terus berjalan dan saat ini sudah mencapai 56 persen. Tampilan terminal baru Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM) yang sudah selesai dikerjakan dan tinggal menunggu jadwal pengoperasian.

Praya (Suara NTB) – General Manager (GM) PT. Angkasa Pura (AP) I Lombok International Airport (LIA),Nugroho Jati, mengaku kalau program pengembangan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) sejauh ini masih on the track. Kendati ada beberapa program kegiatan yang target penyelesaian mundur dari target semula. Namun secara umum, semua masih sesuai rencana yang ada.

Hal itu diungkapkan Nugroho Jati, saat ditemui di kantor Bupati Loteng, Rabu, 21 Juli 2021. sejauh ini dari beberapa kegiatan yang masuk dalam rencana pengembangan bandara, baru proyek perluasan terminal bandara yang bisa dikatakan sudah selesai. Dengan capaian sudah 99 persen. Rencana pengoperasian terminal baru itu sendiri sejauh ini masih menuggu keputusan pusat.

Iklan

“Soal operasional terminal baru hasil perluasan terminal lama, masih menunggu kabar lebih lanjut lagi dari Jakarta. Terkait capaian pembangunan sudah 99,5 persen,” terangnya.

Sementara untuk kegiatan yang lain seperti perpanjangan run way bandara, perluasan appron serta pembangunan terminal kargo beserta utilitas pendukung lainnya, sampai saat ini terus berjalan. Dengan target bulan Agustus mendatang semua sudah tuntas. “Dari infrastruktur bandara Insyaa Allah nanti bulan Agustus selesai semua,” terangnya.

Mundurnya target penyelesaian sejumlah kegiatan yang masuk dalam program pengembangan bandara juga karena mempertimbangkan yang pengembangan di kawasan The Mandalika. Karena memang salah satu pertimbangan kenapa kemudian pengembangan bandara dilakukan, itu juga untuk mendukung event-event yang ada di kawasan The Mandalika.

Jadi ketika ada perubahan jadwal event di kawasan The Mandalika, kegiatan pengembangan bandara juga ikut menyesuaikan. “Tapi yang jelas semunya masih on the track dan progres terus kok. Walaupun dengan segala kebijakan pembatasan,” ujar Jati.

Terpisah Stakeholder Relationship Manager PT. AP I LIA, Arif Harianto, yang dihubungi terpisah, Kamis, 22 Juli 2021, mengatakan, total ada lima kegiatan yang masuk program pengembangan bandara. Selain perluasan terminal yang capaianya sudah 99 persen, ada juga pengembangan fasilitas kargo dengan capaian saat ini sekitar 46 persen.

Kemudian perpanjangan runway, pembangunan fasilitas penunjangnya serta peningkatan daya dukung runway sudah 56 persen, pengembangan fasilitas sisi udara tahap 1, perluasan apron barat dan perbaikan fasilitas penunjang capainya sudah 82 persen. “Terakhir desain dan build penataan pengunjung bandara serta area parkir capainya kini sudah 32 persen,” timpalnya. (kir)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional