Meski Kondusif, Tetaplah Waspada Jelang Tahun Baru

Kabinda NTB, H. Tarwo Kusnarno (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) NTB, H. Tarwo Kusnarno, SE, M. Si mengatakan, situasi keamanan di NTB pada perayaan Natal dan jelang tahun baru kondusif. Namun, pihaknya tetap meningkatkan kewaspadaan jelang perayaan tahun baru 2019.

‘’Situasinya kondusif. Kemarin perayaan Natal juga kondusif. Ancaman gangguan itu bisa dikelola secara baik, bisa dilakukan antisipasinya secara baik. Sehingga gangguan keamanan tidak ada,’’ ujarnya dikonfirmasi di Mataram, Kamis, 27 Desember 2018 siang.

Iklan

Meskipun situasi NTB kondusif, Tarwo mengatakan aparat keamanan tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi-potensi gangguan keamanan. Ia mengatakan situasi NTB menyambut Pemilu 2019 juga kondusif.

Bahkan ia menyebut konflik di NTB sejak 2015 hingga 2018 turun drastis. Disebutkan, pada 2015, konflik di NTB berada di atas 200 konflik. Kemudian turun pada 2016 menjadi 170 konflik. Selanjutnya 2017 turun lagi menjadi 150 konflik. Dan terakhir, pada 2018 ini, jumlah konflik di NTB tercatat di bawah 30 kali.

‘’Meskipun banyak Pilkades tapi konflik turun tajam. Inilah yang meningkatkan indeks keamanan wilayah akan naik. Kita sekarang ini 2018 di bawah 30 konflik,’’ sebutnya.

Tarwo mengatakan, turunnya jumlah konflik di NTB tak lepas dari sinergitas aparat keamanan, tokoh masyarakat dengan masyarakat di NTB. ‘’Untuk langkah pencegahan kita mengajak seluruh komponen masyarakat terus bersinergi. Agar pelaksaanaan Pilpres berlangsung aman, lancar dan demokratis,’’ harapnya. (nas)