Meski Daring, SMP Tetap Fasilitasi Pendaftaran Siswa

0
Kepala SMPN 6 Mataram, H. Azizudin (kedua dari kanan) saat memimpin rapat persiapan PPDB di SMPN 6 Mataram, pada Jumat, 12 Juni 2020.

Mataram (Suara NTB) – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP tahun ajaran 2020/2021 yang dimulai pada Selasa, 16 Juni 2020 dapat dilakukan secara dalam jaringan (daring) maupun datang langsung ke satuan pendidikan atau sekolah. Pihak SMP tetap memfasilitasi pendaftaran siswa.

Kepala SMPN 6 Mataram, H. Azizudin pada Jumat, 12 Juni 2020 mengatakan, untuk PPDB tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena adanya pandemi Covid-19. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, karena pendaftaran PPDB tahun 2020 ini dilakukan secara daring mulai dari pendaftaran, proses seleksi, hingga pengumuman hasil seleksi yang dapat diakses setiap waktu melalui internet.

IKLAN

“Untuk menjaga kondusivitas PPDB, jangan sampai ada kerumunan dalam jumlah banyak. Sekolah melakukan persiapan protokol kesehatan jelang penerimaan peserta didik baru,” katanya saat dihubungi seusai melaksanakan rapat persiapan PPDB kemarin.

Nantinya di SMPN 6 Mataram, kata Azizudin, pihaknya akan melaksanakan protokol kesetahan cegah Covid-19 antara lain pengukuran suhu tubuh terhadap semua tamu yang datang ke sekolah. Juga penggunaan masker, pembatasan jumlah orang atau menjaga jarak, menyiapkan fasilitas cuci tangan, menyiapkan cairan pembersih tangan sesuai anjuran pemerintah.

Terpisah, Kepala SMPN 12 Mataram, Mustajib yang juga melaksanakan rapat koordinasi terbaru persiapan PPDB pada Jumat, 12 Juni 2020 mengatakan persiapan sudah mencapai 90 persen. Ia menekankan, pihak sekolah pasti akan memfasilitasi seoptimal mungki siswa-siswa yang mendaftar. Hal itu sesuai dengan amanat Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB SMP.

“Di mana melalui sistem daring, para orang tua diperbolehkan datang langsung ke sekolah dengan membawa berkas-berkas yang dibutuhkan lalu meminta bantuan panitia untuk mendaftarakannya. Insya Allah, kami berkomitmen 100 persen,” ujar Mustajib.

Hal senada disampaikan Kepala SMPN 3 Mataram, Suherman, dihubungi Jumat, 12 Juni 2020. menurutnya, PPDB di SMPN 3 Mataram tetap dilaksanakan sesuai juknis dan sesuai protokol kesehatan cegah Covid-19. Dianjurkan pendaftaran daring atau melalui SD secara kolektif boleh melalui kantor camat atau lurah. Namun tidak menutup kemungkinan menerima pendaftaran secara luring untuk masyarakat yang belum memahami teknologi informasi.

“Pada dasarnya kita akan sukseskan PPDB tahun ini sehingga komitmen semua anak di Kota Mataram harus bersekolah,” ujarnya.

Sementara Kepala SMPN 14 Mataram, Chamim Tohari menjelaskan persiapan PPDB di SMPN 14 Mataram sudah dilaukan dengan sosialisasi kepada warga sekolah melalui pertemuan dan grup WhatsApp. Sedangkan sosialisasi kepada masyarakat melalui spanduk dan media sosial.

“Kami juga siap melayani masyarakat yang membutuhkan layanan daring dari sekolah jika masyarakat ada masalah pendaftaran dari rumah. Dengan memperhatikan protokol kesehatan, menggunakan masker, kami fasilitasi pengukuran suhu tubuh, dan kelengkapan lainnya, termasuk menyiapkan alat pelindung diri kepada panitia,” jelasnya.

Kepala Disdik Kota Mataram, Drs. H. Lalu Fatwir Uzali, S.Pd., M.Pd., menjelaskan, Pengajuan pendaftaran untuk calon peserta didik baru dapat dilakukan secara mandiri dalam jaringan dari rumah maupun datang langsung ke Satuan Penidikan yang menggunakan PPDB sistem daring. “Masyarakat juga bisa mengakses wifi di kantor lurah dan kantor camat,” katanya.

Ada empat jalur PPDB di tahun 2020 ini yaitu jalur zonasi dengan kuota paling sedikit 50 persen dari daya tampung sekolah, jalur afirmasi paling sedikit 15 persen, jalur perpindahan tugas orang tua/wali siswa paling banyak 5 persen, dan jalur prestasi paling banyak 30 persen dari daya tampung sekolah.

Kuota paling sedikit 50 persen dalam jalur zonasi termasuk kuota bagi calon peserta didik penyandang disabilitas pada Sekolah yang menyelenggarakan layanan inklusif, dan Kuota paling banyak 5 persen dalam jalur perpindahan tugas orang tua/wali dapat digunakan untuk anak guru.

Jadwal pendaftaran calon peserta didik baru melalui Jalur Prestasi dan Afirmasi  dilaksanakan pada Selasa, 16 Juni 2020 sampai dengan Jumat, 19 Juni 2020. Jalur perpindahan tugas orang tua/wali pada  Selasa, 16 Juni 2020 sampai dengan Sabtu, 27 Juni 2020. Jalur Zonasi pada Senin, 22 Juni 2020 sampai dengan Sabtu, 27 Juni 2020. (ron)