Menyantap Nasi Bakar Mujur dengan Dessert Prenggi di Hotel Santika Mataram

Mataram (suarantb.com) – Kehadiran sebuah hotel tentu tak bisa lepas dari makanan yang disajikan kepada para tamunya. Kenyamanan hotel tentu akan mendapat nilai tambah dengan suguhan kuliner yang sedap menggugah selera.

Inilah yang terus diupayakan Hotel Santika Mataram dengan konsisten mengeluarkan menu-menu baru tiap bulannya. Demi menambah variasi hidangan untuk tamu yang menginap di hotel yang berlokasi di tengah kota ini. Sekaligus mengenalkan kuliner dan budaya tradisional Lombok pada tiap tamu yang datang.

Iklan

Di bulan Februari ini, Hotel Santika kembali memperkenalkan sebuah menu baru yang dinamai Nasi Bakar Mujur. Nama Mujur digunakan karena kata ‘mujur’ berasal dari bahasa Sasak. Yang harapannya dengan hanya mendengara nama menu ini saja, pengunjung langsung teringat akan Lombok.

Selain nama yang unik, nasi bakar ini juga disajikan dengan cara berbeda. Dimana nasi bakar tersebut disajikan tidak ditemani ayam atau ikan asin umumnya kerap digunakan. Namun menggunakan cumi sebagai ‘isi’ dari nasi bakar khas Hotel Santika ini.

“Kalau biasanya yang dipakai jadi pelengkap nasi bakar itu ayam atau empal. Disini kita pakai cumi yang dijadikan ‘filling’ nasi bakar. Yang sebelumnya telah dibumbui dengan bumbu cabai hijau,” jelas GM Hotel Santika Mataram, Reza Bovier.
Nasi yang telah lengkap dengan isian cumi tersebut kemudian dibakar dengan dibalut daun pisang.

Untuk menambah cita rasa serta menjaga nasi tetap pulen saat dinikmati oleh pengunjung.
Tak hanya isian cumi, nasi bakar ini juga dilengkapi dengan cumi goreng tepung berbentuk cincin dan sambal cabai hijau.
Makan nasi bakar Mujur yang nikmat ini tentu harus ditemani pula dengan minuman yang menyegarkan. Bersama dengan nasi bakar, Hotel Santika menyediakan dua jenis minuman, dingin maupun hangat.

Untuk yang doyan minuman olahan buah-buahan alias jus. Ada menu Coco Pinberry yang harus dicoba. Minuman ini terbuat dari perpaduan buah nanas dan strawberry segar ditambah sedikit santan dan gula cair. Meski ditambah santan, rasa nanas dan strawberry dari minuman ini sungguh terasa.

“Bahan-bahan minuman Coco Pinberry kita pakai bahan lokal semua. Nanas sama strawberry disini bagus. Ndak kalah sama produk luar,” ungkap Reza.

Sementara untuk minuman hangat, yang memang sangat cocok dinikmati saat musim hujan sekarang ini. Hotel Santika mempunyai Cappucino Choco Float, yang memberikan sensasi hangat dari cappucino. Espresso yang ditambah susu segar yang dan es krim cokelat membuat minuman ini terasa sangat nikmat. Susu segarnya sungguh terasa!

Terakhir, sebagai hidangan penutup pengunjung akan disuguhkan olahan dari Prenggi atau labu dan ubi ungu. Yang diolah dengan dikukus, setelah sebelumnya diberi campuran tepung beras dan tepung ketan.

Tingkat kemanisan dari makanan ini sangat pas. Sangat cocok dimakan dengan saus santan daun pandan yang menjadi pelengkapnya. Ditambah es krim yang mempercantik sekaligus menambah kenikmatan sajian ini.
“Kita pakai bahan ubi dan labu, karena saya akui ubi di Lombok ini manis-manis. Lebih manis dari ubi dari Jawa malah,” tambahnya.

Jika melihat menu makanan yang disajikan dan bahan-bahan yang digunakan. Reza memang terus berusaha memperkenalkan kuliner tradisional Lombok dan bahan lokal. Yang memang kualitasnya lebih bagus dari daerah lain.

“2017 ini kita fokus untuk mengkombinasikan makanan dan budaya tradisional Lombok dengan hotel kami. Sehingga apa yang disajikan ke pengunjung lebih banyak mengangkat nama Lombok. Bukan malah memperkenalkan makanan negara lain,” tandasnya. (ros)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional