Menwa Ummat Gelar Pra-Pendidikan Militer Dasar

Rektor Ummat H. Arsyad Abd. Gani saat membuka kegiatan Pra Pendidikan Militer Dasar Menwa Ummat, kemarin.  (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Unit Kegiatan Mahasiswa Resimen Mahasiswa Sat. 903/JP (UKM Menwa) Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) menggelar kegiatan Pra Pendidikan Militer Dasar (Pradiksamil) Angkatan XLVIII. Kegiatan dilaksanakan selama lima hari dari 30 November – 4 Desember.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan menjadi wadah bagi calon Menwa untuk menempuh latihan dasar sebelum resmi dikukuhkan menjadi anggota satuan. Selain itu, Pradiksamil merupakan syarat untuk mengikuti Pendidikan Dasar Militer (Diksarmil) di tingkat provinsi.

“Untuk diresmikan menjadi anggota Menwa Indonesia harus mengikuti Diksarmil terlebih dahulu, dan Pradiksamil ini adalah tahapan awalnya,” jelas Syahrul, Komandan Menwa Ummat pada Suara NTB, Selasa, 1 November 2020.

Rektor Ummat, Dr. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd., mengingatkan tentang pentingnya disiplin dalam melaksanakan segala sesuatu. “Orang sukses itu harus disiplin, selalu tepat waktu. Jadi dengan mengikuti kegiatan ini kalian harus siap, harus kuat,” pesannya.

Beberapa materi diberikan selama kegiatan berlangsung. Seperti ilmu navigasi darat, tata upacara militer yang akan disampaikan oleh TNI-AD. Selain itu, Menwa juga turut mengundang UKM Ummat lainnya untuk mengisi materi seperti UKM Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) yang akan menyampaikan materi tentang pengenalan peralatan mountaineering dan survival. Termasuk pula UKM KRS PMI yang akan menyampaikan materi tentang pertolongan pertama. Selain itu, para camen juga akan melewati serangkaian pembinaan fisik setiap pagi, sore dan malam.

“Pembinaan fisik ini dilakukan agar mereka terbiasa dengan kegiatan semi militer dan agar terbentuk mental dan fisiknya,” jelas Syahrul.

Pihaknya berharap dengan diadakannya kegiatan Pradiksamil, para calon Menwa yang berjumlah 17 orang ini akan terbentuk menjadi generasi yang sigap, tanggap dan berani seperti tema yang diusung pada tahun ini. (dys)