Menuju Kenormalan Baru, Pengaturan Jarak dan Penggunaan Masker di Kompleks Pasar Dompu Diperketat

Jajaran Kodim 1614/Dompu bersama Pemda Dompu melakukan bakti sosial pembersihan kompleks pasar Dompu, pada Sabtu, 30 Mei 2020. (Suara NTB/ist/kodim dompu)

Dompu (Suara NTB) – Kodim 1614/Dompu bersama jajaran aparat Polres Dompu dan Pemerintah Daerah (Pemda) Dompu menggelar bakti sosial pembersihan kompleks pasar Dompu dan Manggelewa, Sabtu, 30 Mei 2020. Pedagang di kompleks pasar tersebut diatur dengan membatasi jarak fisik antar pedagang dan antar pembeli. Upaya ini diambil untuk memenuhi syarat Kabupaten Dompu menuju kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi Covid-19.

Dandim 1614/Dompu, Letkol Inf Ali Cahyono, S.Kom., kepada Suara NTB, Sabtu, 30 Mei 2020 mengungkapkan, pihaknya bersama jajaran Pemda Dompu menggelar bakti sosial pembersihan kompleks pasar Dompu dan Manggelewa. Langkah ini untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Pihaknya menertibkan pasar dengan membersihkan lingkungan pasar, menjaga jarak antar penjual dan pembeli, serta pemakaian masker. “Pasar ini menjadi tempat pertemuan banyak orang yang rentan akan penyebaran virus,” kata Ali Cahyono.

Iklan

Dandim selaku wakil ketua 1 tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Kabupaten Dompu, mengatakan, ia bertanggungjawab dalam mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Dompu. “Saya siap membantu pemerintah Kabupaten Dompu untuk menuju kenormalan baru dengan bersinergi dengan segenap komponen masyarakat,” tegasnya.
Kabupaten Dompu, kata Dandim, memenuhi syarat untuk menuju kenormalan baru. Karena syaratnya antara lain menurunnya kasus positif, tidak adanya penambahan kasus, dan tingkat kesembuhan yang tinggi.

Kendati demikian, Ali Cahyono mengimbau seluruh masyarakat untuk lebih disiplin dan mematuhi protokol kesehatan dalam penanganan Covid-19. “Dengan kenormalan baru, Dompu akan lebih bersih, sehat, aman, dan sejahtera,” harapnya.

Di kompleks pasar Dompu kini juga disiapkan posko pemeriksaan untuk mengecek penggunaan masker oleh pedagang dan pengunjung pasar, pemeriksaan suhu tubuh, dan memastikan pedagang menyiapkan tempat cuci tangan dengan sabun. Tim ini terdiri dari jajaran TNI, Polri, Tenaga Kesehatan, Perhubungan, Pol PP, BPBD, dan jajaran Pemda lainnya. (ula)