Menteri PPN Berikan Garansi Tiga Proyek Strategis di NTB

H. Amry Rakhman (Suara NTB/nas)

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) telah memberikan garansi tiga proyek strategis di NTB akan mendapatkan dukungan APBN 2022. Tiga proyek strategis tersebut adalah pembangunan Rumah Sakit Internasional Mandalika, Science Technology and Industrial Park (STIP) dan NTB Hijau.

Di luar tiga proyek utama tersebut, Pemprov NTB juga mengajukan usulan tambahan pembangunan infrastruktur strategis seperti jalan di sekitar KEK Mandalika,  jembatan, dermaga dan bendungan.

Iklan

“Ada kegiatan-kegiatan lain sebagai ikutan tiga proyek utama itu. Terkait jalan di sekitar KEK Mandalika, beberapa bendungan, jembatan Lewo Mori, pembangunan dermaga di Bima. Itu juga kita ajukan untuk tahun 2022,” kata Kepala Bappeda NTB, Dr. Ir. H. Amry Rakhman, M. Si., dikonfirmasi Suara NTB, Selasa, 2 Maret 2021.

Amry mengatakan nilai usulan yang akan disampaikan masih dilakukan penghitungan. Namun, ia memperkirakan angkanya mencapai ratusan miliar.

Namun, ia mengaku sudah memanggil OPD terkait mengenai usulan anggaran untuk tiga proyek strategis yang sudah mendapatkan garansi dari Menteri PPN akan memperoleh dukungan anggaran di tahun 2022. Ia menjelaskan, usulan-usulan tersebut nantinya akan dibawa dalam Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) dengan kementerian/lembaga sebelum dibawa ke Musrenbang Nasional 2021 untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2022.

“Kalau diusulkan berapa, nanti di ujungnya disetujui berapa. Jumlah kegiatan/proyeknya maupun nilai uangnya masih berproses. Cuma yang tiga itu kita sudah dengar statemen menteri. Yang tiga itu sudah dapat garansi dari Menteri PPN. Yang lainnya masih kita berjuang. Belum kita berani menyebut nilainya,” terang Amry.

Mantan Kepala Bappeda Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ini mengatakan Musrenbang Nasional akan dilaksanakan sekitar akhir April. Artinya, pada bulan Mei, usulan-usulan daerah sudah masuk dalam RKP 2022.

“Penetapan APBN tahun 2022 paling telat 17 Agustus 2021. Kalau sudah ada di APBN, baru kita berani menyebutkan nilainya,” katanya. (nas)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional