Menteri PANRB Setujui Polda NTB Naik Tipe

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyetujui kenaikan tipologi Polda NTB, dari tipe B menjadi tipe A. Keputusan Menteri Asman Abnur itu akan disahkan melalui Peraturan Kapolri.

Menteri Asman menandatangani surat perihal Rancangan Peraturan Kapolri tentang Pembentukan dan Perubahan Tipe Kesatuan Kewilayahan dan Peningkatan Tipe empat Polda tertanggal 11 Mei 2018,

Iklan

Isinya, pada prinsipnya dapat disetujui peningkatan tipe empat Polda yakni Polda Jambi, Polda Kalimantan Selatan, Polda Kalimantan Tengah dan Polda NTB.

Kabid Humas Polda NTB, AKBP I Komang Suartana menerangkan, hal itu merupakan hasil dari penilaian sejumlah variabel kelaikan kenaikan tipe Polda.

“Hasil penilaian dari Men PANRB hari ini diserahkan di Jakarta,” kata dia ditemui Senin, 14 Mei 2018 di Mapolda NTB.

Secara resmi, kata dia, peningkatan tipe Polda NTB menjadi tipe A dituangkan dalam Peraturan Kapolri (Perkap). “Surat dari kementerian itu menjadi salah satu dasar penerbitan Perkap,” sebut Suartana.

Dalam surat itu, Men PAN RB menyebutkan pelaksanaan peningkatan tipe memanfaatkan anggaran Polri. Peningkatan tipe akan dievaluasi selama dua tahun. Polda NTB akan diuji kemampuannya mempertahankan indikator penilaian.

Demikian juga kebutuhan dan susunan personelnya, seperti Kepala Polda NTB yang kini berpangkat Brigadir Jenderal akan menjadi Inspektur Jenderal dan Wakapolda NTB dari yang berpangkat Komisaris Besar akan menjadi Brigadir Jenderal.

Kepala bidang yang sebelumnya berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi akan menjadi Komisaris Besar, diantaranya Kabidkum, Kabid Humas, Kabid Propam, dan Kabid TI.

“Memang yang paling kelihatan di awal itu dari komposisi personel dan kepangkatannya. Nanti jumlah personel juga akan ditambah,” kata Suartana.

Di sisi lainnya, standar kinerjapun meningkat. Seperti standar pelayanan publik, serapan anggaran, dan capaian target penyelesaian kasus. (why)