Menparekraf Janjikan Hibah untuk Pengembangan Geopark Rinjani

Sandiaga Salahudin Uno (Suara NTB/kir)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Menparekraf), Sandiaga Uno mengatakan, perhatian Kementerian Parekraf ke NTB khususya di KEK mandalika akan terus ditingkatkan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya bantuan dana hibah pariwisata sebesar Rp3,7 triliun bagi pengembangan KEK Mandalika. Hubah ini meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Tidak itu saja, Kemenparekraf juga berjanji mengupayakan hibah pariwisata bagi pengembangan kawasan Geopark Rinjani sebagai destinasi unggulan di Lombok Timur dan berharap untuk segera dieksekusi.

Iklan

Menteri juga salut atas pengembangan pariwisata di Lombok Timur yang memadukan alam, budaya dan ekonomi kreatif yang memberdayakan perempuan dalam setiap lini pengembangan ekonomi masyarakat.

‘’Bahkan saya sangat tertarik dengan konsep pengembangan pariwisata berbasis Inovasi, Adaptasi dan Kolaborasi (INAK) yang bertujuan untuk menghasilkan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan,’’ ujar Sandiaga Uno saat berdialog dengan pelaku pariwisata di Sembalun, Kamis, 6 Mei 2021.

Menteri juga berharap dengan akan digelarnya perhelatan World Superbike dan MotoGP di Mandalika nanti, hendaknya bisa memberikan multiplier efect  yang besar bagi pelaku pariwisata yang merupakan harapan dan tugas pemerintah provinsi dan kabupaten/kota bahwa perhelatan MotoGP ini haruslah memberdayakan masyarakat.

‘’Contohnya produk kerajinan, makanan olahan lokal dan lainnya harus menjadi bagian yang tak terpisahkan dari event besar seperti itu nantinya,’’ ujarnya. Hal ini menjadi perhatian dan titik tekan bahwa NTB diharapkan segera pulih dan bangkit dan pariwisata akan menjadi lokomotif ekonomi utama di NTB,’’ ujarnya. (r).

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional