Menparekraf dan Gubernur Jajal Sirkuit Mandalika, Pengerjaan Lapisan Aspal Pertama Tuntas

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, bersama Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah, Dirut ITDC Abdulbar M. Mansoer, Bupati Loteng H.L. Pathul Bahri, menjajal jalur lintasan balap sirkuit Mandalika, menggunakan sepeda listrik, saat meninjau pembangunan sirkuit Mandalika, Kamis, 6 Mei 2021.

Praya (Suara NTB) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno, bersama Gubernur NTB, Dr.H.Zulkieflimansyah, menjajal sirkuit Mandalika menggunakan sepeda listrik dalam kunjungan ke lokasi pembangunan sirkuit Mandalika, Kamis, 6 Mei 2021. Menparekraf menjajal jalur track yang dipersiapkan untuk gelaran MotoGP sepanjang 4,3 km tersebut, bersama Gubernur NTB Dr.H. Zulkieflimansyah, Direktur Utama ITDC Abdul M. Mansoer, Bupati Loteng, H.L. Pathul Bahri, S.Ip., beserta jajaran direktur ITDC lainya.

Uji coba tersebut dilakukan sekaligus memastikan bahwa proses pengerjaan lapisan pertama aspal lintasan balap Sirkuit Mandalika memang benar sudah tuntas dikerjakanya sesuai laporan yang masuk. ‘’Proses pengerjaan lapisan pertama aspal track sirkuit Mandalika sudah tuntas dikerjakan,’’ tegas Sandiaga Uno, kepada wartawan.

Iklan

Untuk selanjutnya pengerjaan kini difokuskan pada pengerjaan lapisan kedua track sirkuit jalan raya pertama untuk gelaran MotoGP ini. Dengan seluruh pengerjaan pengaspalan jalur balapan ditargetkan rampung akhir Juni mendatang.

Melihat progres pembangunan Sirkuit Mandalika yang cukup pesat tersebut, Sandiaga, pun mengaku optimis Sirkuit Mandalika siap menggelar balapan World Superbike (WSBK) pada bulan November mendatang dan MotoGP tahun depan. ‘’Mudah-mudahan semua berjalan sesuai rencana dan Mandalika siap untuk menyambut event WSBK dan MotoGP,’’ tegasnya.

Secara khusus pihaknya memberikan apresiasi kepada semua pihaknya yang telah mendukung proses pembangunan Sirkuit Mandalika. Terutama pemerintah provinsi dan jajaran di bawahnya yang telah membantu menyelesaikan proses pembayaran tanah enclave untuk pembangunan fasilitas penunjang Sirkuit Mandalika.

Pihaknya juga berharap ITDC bisa terus menjalani komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait, supaya pembangunan sirkuit jalan raya pertama dengan beberapa fitur terbaik di dunia ini bisa berjalan lancar sesuai rencana. ‘’Yang paling penting sekarang semua kita berusaha mengendalikan penyebaran Covid-19. Sehingga tidak sampai membahayakan acara-acara yang relatif menghadirkan kerumuman pada bulan November ini,’’ tambah Gubernur NTB, Dr. H. Zulkiefliemansyah, di tempat yang sama.

Direktur ITDC Abdulbar M. Mansoer, menambahkan untuk pengerjaan aspal track lapis kedua Sirkuit Mandalika akan mulai dikerjakan dengan target selesai akhir Mei mendatang. Sementara untuk lapisan ketiga atau lapisan atas dikerjakan pada bulan Juni. Sehingga diharapkan pada akhir bulan Juni sirkuit Mandalika sudah bisa hand over ke ITDC.

‘’Untuk lapisan atas Sirkuit Mandalika itu nantinya akan dikerjakan selama tiga hari berturut-turut tanpa berhenti,’’ tandasnya.

Abdulbar mengatakan, Sirkuit Mandalika memang memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan sirkuit MotoGP lainnya. Selain memiliki pemandangan alam yang sangat indah, Sirkuit Mandalika juga didukung dengan beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh Sirkuit MotoGP lainya. Salah satunya, Sirkuit Mandalika memiliki gravel terpanjang dan merupakan sirkuit dengan lintasan tercepat di dunia. ‘’Sirkuit Mandalika memang didesain untuk menjadi sirkuit yang paling exiciting,’’ pungkasnya. (kir)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional