Menpar Dijadwalkan Hadiri FPT 2017

Dompu (Suara NTB) – Wakil Presiden (Wapres) RI, Drs H M Jusuf Kalla dipastikan tidak bisa menghadiri puncak Festival Pesona Tambora (FPT) tahun 2017 di padang Savana Doro Ncanga Dompu. Wapres mendelegasikan kepada Menteri Pariwisata RI, Arif Yahya untuk menghadiri puncak FPT.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu, H. Ichtiar, SH kepada Suara NTB di ruang kerjanya, Jumat (7/4) memastikan wakil Presiden RI yang dijadwalkan menghadiri puncak FPT tahun 2017 tidak dapat hadir. “Tadi saya dapat kepastian ketidakhadiran Wapres saat koordinasi dengan Kapolres Dompu. Mereka sudah mendapat informasi, bahwa surat permohonan Wapres untuk menghadiri puncak FPT didelegasikan kepada Menteri Pariwisata, Arif Yahya,” kata Ichtiar.

Iklan

Saat ini masih dikoordinasikan untuk kehadiran Menteri Pariwisata menggunakan helikopter atau jalan darat dari bandara Sultan Salahuddin Bima ke Doro Ncanga Dompu, masih dikoordinasikan. Namun persiapan menjelang puncak acara FPT 2017 sudah hampir rampung untuk penataan lokasi kegiatan. “Untuk penataan acara dilakukan oleh Provinsi, kita mendukung saja untuk acara puncaknya. Seperti tarian penyambutan, tarian massal dan beberapa kegiatan lainnya,” ungkapnya.

Namun pada puncak acara, kata H. Ichtiar, selain menampilkan tarian massal Terpijar dan beberapa atraksi budaya serta penampilan penyanyi senior Dewi Yul, juga akan ditampilkan atraksi terjun payung dari pasukan khusus TNI AU. “Ada 20 orang anggota pasukan khusus TNI AU akan melakukan atraksi pada puncak acara FPT,” jelasnya.

Sebelum puncak acara, beberapa kegiatan dan atraksi budaya dilakukan yang sifatnya lokal maupun skala internasional. Termasuk pada Sabtu (8/4) ini akan ada trail adventure di padang Savana dan penyambutan pelari 320 K yang dimulai di Sumbawa Barat. Pada Minggu (9/4) kegiatan sepeda wisata, pesona Puru Jago dan beberapa kegiatan hiburan di padang Savana. “Termasuk penampilan Fazrun rising star akan ditampilkan, Minggu (9/4) malam,” katanya.

Pada Senin (10/4) sebelum puncak acara, akan ada beberapa atraksi budaya. Mulai dari pesona rimpu, puru timbu, rawa mbojo, pesona kopi Tambora, penampilan penyanyi dangdut Dewi Yul dan berbagai atraksi budaya lainnya. Kegiatan kemah dan sapu gunung Tambora juga dilakukan pada 9 – 12 April 2017, termasuk di dalamnya akan ada kegiatan dari Kementerian Koordinator Kemaritiman RI.

Karena kegiatan mulai dipusatkan di padang Savana Doro Ncanga, aktivitas pelayanan di perkantoran pemerintah dialihkan ke padang Savana Doro Ncanga Tambora selama dua hari. Yaitu 10 – 11 April 2017. “Kita alihkan pelayanan ke Doro Ncanga untuk menyukseskan event festival pesona Tambora  2017,” kata Sekda Dompu, H Agus Bukhari, SH, M.Si. (ula)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here