Menko Luhut Tinjau Kesiapan MotoGP di Mandalika

Didampingi Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah, Sekda NTB, H. Lalu Gita Ariadi, Direktur ITDC, Abdulbar M. Mansoer dan pejabat lainnya, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kunjungan kerja di NTB, Jumat, 6 Maret 2020. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, melakukan kunjungan kerja ke NTB. Kedatangan Menko disambut langsung Kapolda NTB, Bupati Lombok Tengah, Sekda NTB dan Direktur ITDC, di LIA Jumat, 6 Maret 2020.

Kunjungan kerja tersebut dalam rangka melakukan inspeksi memastikan seluruh infrastruktur pendukung KEK Mandalika, dalam menyambut perhelatan berskala internasional MotoGP pada tahun 2021 mendatang.

Iklan

Dalam rapat yang dihadiri Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, Menko meminta semua infrastruktur pendukung kawasan Mandalika seperti bandara, jaringan telekomunikasi, listrik, rumah sakit, jalan, pelabuhan dan sistem pengolahan sampah di Kawasan Mandalika, semuanya harus tuntas sebelum MotoGP 2021 dihelat.

Direktur PT. Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengatakan, pengerjaan perpanjang runway bandara menjadi 3.300 meter, perluasan terminal berkapasitas tujuh juta penumpang dan terminal pesawat ditargetkan akan tuntas pengerjaannya pada bulan Januari tahun 2021.

Pada kesempatan yang sama, Direktur PT. PLN Nusa Tenggara Barat juga menjamin ketersediaan pasokan listrik berkapasitas 138 MW di KEK Mandalika.

Direktur Telkom Nusa Tenggara Barat, juga menjamin ketersediaan jaringan  telekomunikasi di kawasan Mandalika. Selain di Mandalika, Telkom juga akan terus membangun jaringan komunikasi di seluruh kawasan pariwisata di NTB.

Dalam mendukung hal tersebut, Telkom akan membangun Kabel Fiber Optik Laut dari Bali ke Mandalika. ‘’Pengerjaan ini kami targetkan selesai bulan Desember 2020,’’ katanya.

Sedangkan untuk Rumah Sakit Mandalika, Menko Luhut meminta untuk segera dilakukan groundbreaking. Ia meminta segala kendala terkait pembangunan fasilitas kesehatan yang mendukung event MotoGP 2021 ini bisa tuntas. (kir/r)