Meningkat, Pengungkapan Kasus Kejahatan di Lobar

Kapolres Bagus S Wibowo bersama Bupati Lobar H. Fauzan Khalid dan Ketua DPRD Hj. Nurhidayah saat jumpa pers, Senin, 24 Februari 2020. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Aksi kejahatan berupa pencurian di wilayah Lombok Barat (Lobar) tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya. Hal ini mengacu pada hasil pengungkapan kasus hasil operasi Jaran Gatarin 2020 yang digelar selama dua pekan lalu oleh jajaran Polres Lobar.

Demikian terungkap dalam jumpa pers pengungkapan hasil operasi jaran Gatarin 2020 oleh Kapolres Lobar AKBP Bagus S Wibowo yang dihadiri Bupati H. Fauzan Khalid, Ketua DPRD Lobar Hj. Nurhidayah, Senin, 24 Februari 2020.

Iklan

Operasi Jaran yang digelar dari 10 sampai 23 Februari lalu kata Kapolres, sebanyak 52 pelaku dari 23 kasus 3C itu dijajarkan. Termasuk sejumlah barang bukti yang berhasil diamankan. Dari peralatan pertanian, hewan hingga kendaraan.

Polres berhasil mengungkap 23 dengan 52 pelaku ditangkap. Terdiri dari lima orang di bawah umur, masih duduk di bangku sekolah. Dari 23 Kasus pencurian 3 C yang diungkap, terdiri dari 17 kasus pencurian dengan pemberatan (curat), 1 pencurian dengan kekerasan (curas) dan 5 kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor).  Jumlah itu meningkat sekitar 3 kasus dibandingkan 2019 lalu sebanyak 20 kasus kejahatan 3C.

Kasat Reskrim Lobar, AKP Dhafid Shiddiq menambahkan jika lima tersangka di bawah umur itu masih berstatus pelajar. Penanganannya pun berbeda dengan para tersangka dewasa. Termasuk masa hukuman dari para pelaku .“Kita menggunakan undang-undang perlindungan anak, jadi untuk anak  itu sepertiga dari ancaman pidana,” jelasnya. Terkait daerah yang tinggi pengungkapan kasusnya, Dhafid mengaku terdapat 3 kecamatan. Yaitu Kecamatan Gerung, Sekotong, dan Kediri.

Terkait hal ini, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid dan Ketua DPRD Lobar yang hadir mengapresiasi capaian pihak Polres Lobar. Pihaknya berharap langkah menjaga keamanan yang dilakukan Polres Lobar di Lobar terus meningkat, sehingga angka kejahatan di Lobar menurun. Bupati juga mengimbau kepada seluruh kepala desa kembali mengaktifkan siskamling.  “Karena tidak hanya pihak kepolisian, perlu juga ada peran serta dari masyarakat untuk menjaga keamanan,” imbaunya. (her)