Meningkat, Jumlah RTS Penerima Raskin di Lotim

Selong (Suara NTB) – Jumlah Rumah Tangga Sasaran (RTS) penerima beras miskin (raskin) di Kabupaten Lotim meningkat. Sebelumya sebanyak 137.973 RTS yang mengacu pada data survai tahun 2011 yang dijadikan acuan sampai dengan tahun 2016. Meningkat menjadi 138.363 RTS yang mengacu pada data survai tahun 2015 yang dimulai tahun 2017 ini.

Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kabupaten Lotim, Ridwan kepada Suara NTB, menyebut, penambahan perubahan data penerima sebanyak 390 RTS. Data-data ini sedang dalam proses verifikasi untuk selanjutnya nanti akan ditetapkan dengan Surat Keputusan (SK) Bupati.

Iklan

Sampai saat ini, ujarnya, proses verifikasi sedang dilakukan Bagian Ekonomi bersama BPS. Hal ini dimaksudkan sebagai dasar untuk segera membuat jadwal pendistribusian raskin. “Kita bagian ekonomi bersama BPS segera akan melakukan verifikasi data dulu supaya cepat membuat jadwal pendistribusian raskin,” ungkapnya, Selasa, 7 Maret 2017.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lotim Ahmad Dewanto Hadi menyebut, berdasarkan data BPS 2015, angka kemiskinan Lotim meningkat 0,14 persen dibandingkan dengan data tahun 2014. Akibat peningkatan inilah yang membuat data penerima raskin pun turut meningkat.

Data kemiskinan Lotim terakhir sebanyak 19,14 persen. Naik 0,14 persen dari tahun sebelumnya sebesar 19 persen. Dihitung dengan total jumlah penduduk 1,3 juta jiwa, maka tercatat jumlah penduduk Lotim yang miskin 222.190 jiwa. Lotim berupaya untuk mengidentifikasi kembali data kemiskinan tersebut.

Kepala Sub Divre Badan Urusan Logistik (Bulog) Lotim, Selamet yang dikonfirmasi terpisah mengakui sampai saat ini pihaknya belum melakukan pendistribusian raskin. Pasalnya, data RTS yang akan menerima raskin masih sedang proses pembenahan oleh pemerintah daerah Kabupaten Lotim. (rus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here