Mendidik Anak, Orang Tua Wajib Punya Ilmu

FDM An Nisa Unram menggelar webinar terkait Parenting dalam Perspektif Islam dan Psikologi Pendidikan belum lama ini. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Mendidik anak dibutuhkan keuletan. Tidak seperti memelihara barang mati, memelihara anak butuh ilmu dan pengetahuan memadai para orang tua. Karena jika tidak, maka generasi yang dilahirkan tidak akan berkualitas

Ketua Dharma Wanita Universitas Mataram (Unram) sekaligus pengarah Forum Dosen Muslimah (FDM) An Nisa Hj. Baiq Nurhayati, S.IP., pada diskusi secara virtual yang digelar FDM An Nisa Unram belum lama ini menyatakan orang tua harus punya bekal ilmu yang cukup dalam mendidik anak-anaknya.

Iklan

Diskusi parenting dengan tema “Parenting dalam Perspektif Islam dan Psikologi Pendidikan” itu tentu sangat dibutuhkan oleh para Muslimah khususnya dosen-dosen Muslimah Unram untuk menambah bekal keilmuan mereka dalam mendidik anak. Apalagi selama pandemi ini anak menghabiskan waktu belajar mereka di rumah. “Oleh karena itu, orang tua harus memiliki bekal untuk mendidik anak-anaknya agar jadi pribadi yang baik,” jelasnya.

Istri Rektor Unram itu juga menekankan pentingnya bekal ilmu dalam mendidik anak bagi para orang tua, agar anak-anak tidak tergerus arus globalisasi yang membuat semua hal mudah diakses seperti saat ini. “Pendidikan anak benar-benar harus jadi prioritas orang tua,” tekannya.

Menurutnya, para orang tua harus memiliki bekal ilmu yang memadai dalam mendidik anak, tidak sekedar memberikan nafkah materi ataupun memasukkan mereka ke sekolah unggul. “Itu tidak cukup untuk membuat anak-anak menjadi orang yang berkarakter,” paparnya.

Itulah sebabnya diskusi parenting sangat penting  sebagai upaya untuk membekali orang tua dengan ilmu parenting khususnya parenting Islam, sehingga para orang tua bisa mendidik anak-anak menjadi generasi penerus yang dewasa, tangguh dan berkualitas. “Semoga acara ini dapat memberikan sumbangan pemikiran yang dapat diimplementasikan untuk pendidikan anak-anak kita,” harapnya. (dys)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here