Mendapat Catatan, BPM-PD Panggil Panitia Pelaksana Pilkades

Taliwang (Suara NTB) – Badan Pemerintahan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat (BPM-PD) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dalam waktu dekat akan melakukan pemanggilan terhadap panitia pelaksana pemilihan kepala desa (Pilkades). Pemanggilan ini dilakukan untuk melakukan klarifikasi terkait banyaknya surat suara yang rusak dalam pelaksanaannya.

Kepala BPM-PD KSB Drs. Mulyadi M. Si kepada Suara NTB, 7 November 2016 menyebutkan, surat suara yang rusak ini terjadi karena masih banyak para pemilih yang kurang mendapatkan pemahaman dan sosialisasi terkait dengan proses pencoblosan. Mengingat mekanisme pencoblosan sangat jauh berbeda apabila dibandingkan dengan pencoblosan pada proses pilkada. Sehingga hal ini akan dijadikan evaluasi pihaknya untuk melakukan perbaikan dalam pelaksanaan pilkades di masa-masa yang akan datang.

Iklan

“Dalam waktu dekat kita akan segera melakukan pemanggilan terhadap panitia pelaksana Pilkades, untuk melakukan klarifikasi terkait masalah ini,” ungkapnya. Meskipun dalam pelaksanaan pilkades ini, tidak menuai hambatan dan berjalan sukses.

Disebutkannya, kerusakan surat suara tersebut terjadi sekitar 10 persen di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS). Bahkan ia mengklim kerusakan tersebut tidak terjadi secara signifikan. Oleh karenanya pihaknya akan segera melakukan evaluasi kenapa hal ini (kerusakan surat suara) terjadi. Sehingga diharapkan kedepan dari hasil evaluasi tersebut pihaknya bisa mengetahui secara pasti apa kendala yang menyebabkan tersebut terjadi. Tentu dengan harapan dalam pelaksanaan pilkades di tahun-tahun berikutnya tidak kembali terjadi hal yang sama.

“Mudah-mudahan evaluasi ini bisa menjadi batu loncatan untuk pelaksanaan pilkades yang lebih baik dimasa-masa yang akan datang,” harapnya.

Catatan Suara NTB menyebutkan, dalam pelaksanaan pilkades di 16 desa tersebut, pemerintah daerah (pemda) menggelontorkan dana sebesar Rp. 560 juta. Dari jumlah tersebut, masing-masing desa mendapatkan dana bantuan sekitar Rp. 35-40 juta. Pelaksanan pilkades yang berjalan lancar dan sukses tersebut, harus mendapat catatan karena banyaknya surat suara yang rusak.  (ils)

  Tak Miliki Pendukung, Calon Kades Tak Bisa Bertarung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here