Mendagri Putus Server Disdukcapil Dompu

Dompu (Suara NTB) – Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) kembali memutus server jarkomdat untuk pelayanan data kependudukan di Disdukcapil Dompu. Pemutusan sejak Jumat 20 April kemarin menyusul tidak juga dilantiknya lima pegawai di dinas tersebut, sesuai Surat Keputusan (SK) Mendagri.

Kabid Pencatatan Penduduk (Dafduk) Disdukcapil setempat, Afifuddin kepada Suara NTB mengakui adanya pemutusan server oleh pihak kemeneterian. Alasannya, pemerintah daerah tak kunjung melantik lima pegawai untuk memegang jabatan eselon III.

Iklan

“Ya server dukcapil sudah diputus karena pemda Dompu tidak melantik kita, lima orang sesuai SK Mendagri menjadi pejabat eselon III,” ungkapnya via WhatsApp, Minggu, 22 April 2018.

Pemutusan untuk kedua kalinya ini dianggap sebagai bentuk peringatan dari Mendagri terhadap pemerintah daerah, pun Kadidukcapil Provinsi NTB dan Dompu karena tidak proaktif menyikapi keputusan tersebut.

Belum diketahui pasti pemutusan itu akan berlangsung sampai kapan, namun berdasarkan pengalaman biasanya server ini akan kembali normal ketika pelantikan sudah dilakukan.

Akibat pemutusan itu, lanjut Afifuddin, pelayanan di Disdukcapil untuk perekaman KTP, konsolidasi data, pembuatan kartu keluarga sementara waktu dihentikan. “Ini kejadian kedua kali, berdasarkan pengalaman sampai dilantik sesuai SK dan biasanya kalau sudah dua kali itu peringatan,” ujarnya.

Sebelum SK pengangkatan ia bersama empat rekannya sebagai pejabat eselon III itu diterbitkan, pihaknya sudah diangkat sebagai pejabat di Mendagri, namun pemerintah daerah meminta pegawai-pegawai tersebut kembali ke daerah dengan alasan peningkatan karir.

Oleh Mendagri pun dilepas dan diberhentikan dari jabatan dengan syarat harus memegang jabatan baru sesuai SK yang diterbitkan. Akan tetapi jabatan baru yang dijanjikan tidak pernah dipenuhi sejak Tanggal 2 Februari 2018 lalu.

“Bunyi diktumnya diberhentikan dari jabatan sejak mendapat jabatan baru, dan diktum kedua mengatakan SK ini berlaku sejak pelantikan. Tapi sampai hari ini kita belum dilantik sesuai janjinya,” keluh Afifuddin.

Mereka yang dijanjikan akan dilantik tersebut, tambah dia, yakni H. Muhrif, S. Sos, Drs. Rafii, Patnawati, S. Kom, Afifuddin, MM dan Abdurahman. Sementara itu, Bupati Dompu, Drs. H Bambang M Yasin yang dikonfirmasi melalui Kabag Humas dan Protokol Setda Dompu, Ardiansyah, SE., tak menanggapi pertanyaan wartawan via Whatsaap. (jun)