Menag Positif Covid-19, UIN Mataram Lakukan Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai

Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. Mutawalli, M.Ag.,

Mataram (Suara NTB) – Setelah Menteri Agama (Menag) RI, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi, S.I.P., S.H., M.H., dikonfirmasi positif Covid-19, giliran civitas akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram mengeluarkan surat edaran. Surat edaran itu berisi penyesuaian sistem kerja pegawai dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di UIN Mataram.

Diketahui sebelumnya Menag bersama Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, didampingi Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. Mutawalli, M.Ag., dan Anggota Komisi VIII DPR RI, Ir. H. Nanang Samoedra, meresmikan gedung baru Rektorat Kampus UIN Mataram, Kamis, 17 September 2020 lalu.

Iklan

Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. Mutawalli, M.Ag., menegaskan, pihaknya telah mencermati keadaan setelah hasil tes usap atau swab Menag yang dinyatakan positif Covid-19. Sedangkan pada saat yang sama, Menag menghadiri acara peresmian gedung rektorat UIN Mataram.

“Maka untuk mencegah penyebaran virus tersebut serta dalam upaya untuk melaksanakan pengaturan jarak fisik dan memprioritaskan keselamatan seluruh pegawai UIN Mataram,” kata Mutawali.

Lebih jauh, kata Mutawali, pihaknya merasa sangat perlu melakukan penyesuaian pengaturan kehadiran pegawai di kantor. Untuk itu, dia meminta agar pegawai UIN Mataram semaksimal mungkin agar bekerja di rumah menyelesaikan tugas dan fungsi masing-masing.

Selain itu, selama dalam tenggang waktu pelaksanaan bekerja di rumah, para pegawai tidak diizinkan bepergian ke luar daerah. Sedangkan untuk presensi, mereka semuanya sementara waktu ini dapat melaksanakan presensi secara daring dari rumah masing-masing.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana UIN Mataram, Prof. Suprapto, menjelaskan Surat Edaran dengan Nomor: B-496/Un.12/PP.00.9/PS/9/2020 tentang Layanan Akademik dan Perkuliahan Pascasarjana UIN Mataram. Ia meminta pada seluruh dosen Pascasarjana UIN Mataram dan seluruh mahasiswa Pascasarjana UIN Mataram, serta Wakil Direktur dan Para Kaprodi Pascasarjana UIN Mataram dan Tenaga Kependidikan Pascasarjana UIN Mataram untuk kembali membuka layanan akademik secara daring.

“Seluruh pelayanan akademik dan perkuliahan dilaksanakan secara online,” tegas Suprapto.

Hal demikian, tegasnya, guna menindaklanjuti Surat Edaran Rektor Tanggal 21 September 2020, Nomor: 2410/Un.12/KS.01.1/9/2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 pada UIN Mataram.

Di samping itu, kegiatan orientasi Akademik Mahasiswa Baru yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada Senin, 28 September 2020 mendatang, juga dipastikan harus digelar secara daring untuk menghindari terjadinya penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus. Termasuk, kata Suprapto, kegiatan studium general yang akan dilaksanakan pada hari Kamis, 8 Oktober 2020 mendatang juga akan digelar secara daring. “Detail waktu dan teknisnya akan diinformasikan menyusul,” paparnya.

Sementara bagi mahasiswa yang telah membayar SPP yang waktunya berakhir sampai dengan tanggal 30 September 2020, mereka juga dapat melakukan pengisian KRS dari tanggal 2-6 Oktober 2020 secara daring melalui link website yang telah disediakan. “Surat Edaran ini berlaku sampai tanggal 4 Oktober 2020 dan akan dievaluasi kembali sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi,” tegasnya. (dys)