Memasuki Masa Tenang, APK Paslon Segera Dibersihkan

Alat peraga kampanye paslon Walikota dan Wakil Walikota Mataram yang dipasang di Jalan TGH. Faisal Kelurahan Turida ini, dan APK serta BK lainnya di tempat lain akan diturunkan mulai Minggu, 6 Desember 2020. Pembersihan media sosialisasi karena memasuki masa tenang. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Tim Terpadu Pemkot Mataram akan membersihkan alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye (BK) pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Mataram. Penertiban dilakukan memasuki masa tenang kampanye.

Masa kampanye berakhir Sabtu, 5 Desember 2020 hari ini. Tim terpadu terdiri dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), TNI, Polri serta instansi teknis membersihkan baliho, spanduk, poster serta atribut pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Mataram. Pembersihan APK dan BK difokuskan di jalan protokol serta titik lainnya yang tersebar di enam kecamatan.

Iklan

Ketua Tim Terpadu Penertiban APK Kota Mataram, Lalu Martawang menerangkan, hasil rapat koordinasi bersama KPU, Bawaslu, TNI dan Polri serta instansi teknis lainnya pada Kamis, 2 Desember 2020 bahwa disepakati berdasarkan Peraturan KPU, pembersihan APKdan bahan kampanye tiga hari menjelang pemilihan pada 9 Desember.

Bawaslu mulai menyurati paslon dan menyarankan membersihkan sendiri APK dan BK mereka. “Jika mengacu pada PKPU pembersihan APK dan BK semestinya pada Sabtu malam. Kemungkinan kita mulai hari Minggu pagi,” kata Martawang ditemui di ruang kerjanya, Jumat, 4 Desember 2020.

Pembersihan atribut kampanye, tim akan disebar menjadi enam sesuai jumlah kecamatan. Masing – masing camat menggelar apel dan mempersiapkan personel dan peralatan. Pembersihan APK dan BK secara pararel ke semua lingkungan dan akses publik.

Martawang menambahkan, khusus di jalan protokol menjadi tugas dari OPD teknis, KPU, Bawaslu, TNI dan Polri menurunkan baliho. Empat mobil milik Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman digunakan untuk menurunkan baliho berada posisi tinggi, enam mobil truk dan pick up serta mini bus.

“Dua kendaraan lagi kita upayakan pinjam di OPD lain, sehingga masing- masing kecamatan itu punya satu – satu kendaraan,” kata Martawang. APK dan BK tidak dibersihkan jika berada di posko induk pemenangan paslon Walikota dan Wakil Walikota Mataram.

Ketua KPU M. Husni Abidin menerangkan, masa tenang kampanye dimulai tanggal 6 Desember. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Bawaslu dan Pemkot Mataram menertibkan APK dan BK paslon. Pembersihan atribut kampanye diharapkan dilakukan oleh tim sukses paslon. “Semua APK dan BK akan kita bersihkan, termasuk yang dipasang oleh KPU di beberapa titik,” tambah Husni. (cem)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional