Memanjakan Mata di Gili Sunut

Selong (Suara NTB) – Kabupaten Lombok Timur memiliki banyak potensi wisata yang dapat dijadikan sebagai destinasi unggulan. Tidak saja Pantai Pink, di Lombok Timur banyak gili-gili yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Gili Sunut yang ada di Dusun Temeak Desa Pemongkong Kecamatan Jerowaru.

Gili ini sudah lumayan dikenal oleh wisatawan lokal, namun belum begitu dikenal wisatawan luar. Sebab Pemda belum mempromosikan Gili Sunut sebagai destinasi wisata untuk dikunjungi wisatawan.

Iklan

Gili Sunut memiliki garis sejajar dengan wilayah Tanjung Ringgit. Gili ini juga berdekatan dengan Tanjung Bloam dan Pantai Tangsi atau Pantai Pink. Hanya saja, kondisi jalan menuju Gili Sunut masih memprihatinkan.

Sekitar 2 kilometer mendekati lokasi gili ini masih berupa jalan tanah. Pada musim penghujan, kondisi fisik jalannya pun menjadi licin dan sulit dilewati.

“Kalau mau berkunjung sekarang ini waktu yang pas. Karena di Jerowaru jarang hujan kalau sekarang. Kalau Desember itu kan hujan, jalannya licin, jadi agak bahaya,” kata Pelaku Pariwisata asal Lombok Timur Beri Putra kepada Suara NTB, di Selong, Kamis, 12 Oktober 2017.

Ia mengatakan, Gili Sunut memiliki keindahan yang tidak kalah dari gili-gili lainnya. Namun wisatawan harus menyiapkan tenaga ekstra untuk bisa sampai di gili cantik ini. Sebab kondisi jalan yang rusak akan membuat perjalanan wisatawan menjadi sedikit terganggu.

Namun wisatawan yang mampu sampai di gili ini akan tersihir dengan keindahannya. Pemandangan sekitarnya yang memukau, objek wisata yang indah serta lokasi budidaya mutiara yang cukup terkenal.

Kondisi pantai di Gili Sunut memiliki kesamaan dengan pantai-pantai yang ada di sekitarnya. Tekstur pasir putih bercampur merah muda dan berbentuk butiran merica. Demikian pula tekstur batu karang yang ada  di Gili Sunut, semuanya berwarna pink dan sangat indah dipandang mata.

Keindahan bawah laut yang ada di Gili Sunut yaitu wisatawan dapat menemukan berbagai jenis bintang laut. Dari yang berwarna biru maupun yang berwarna merah jingga. Demikian juga aneka ragam terumbu karang yang memukau serta kawanan ikan yang sedang berkerumun.

“Kalau mau snorkeling dan diving memang Gili Sunut itu tempat yang paling pas. Dari semua tempat menyelam yang saya tahu di NTB ini, Gili Sunut yang paling indah bawah lautanya. Ikannya banyak macamnya, selain itu juga bersih,” ujarnya. (lin)