Memaknai Kembali Hari Pahlawan di Tengah Pandemi

Wagub NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah bersama Bupati Lotim, H. M. Sukiman Azmy, dan Dewan Mustasyar PBNW, Tuan Guru Yusuf Ma'mun melakukan tabur bunga di makam pahlawan nasional, TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid, Selasa, 10 November 2020. (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah,M.Pd, bersama Bupati Lotim, H. M. Sukiman Azmy beserta pejabat lingkup Pemprov dan Pemkab Lotim, Selasa, 10 November 2020 melakukan apel dan ziarah di Kompleks Makam Pahlawan Nasional, TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid. Apel juga diikuti oleh unsur TNI-Polri serta santri di YPH-PPD NW Pancor, sebagai rangkaian peringatan Hari Pahlawan tahun 2020.

Wagub yang juga salah seorang cucu Pahlawan Nasional TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid,  mengatakan, dalam momentum hari pahlawan ini, ia sangat bersyukur NKRI tetap kokoh yang tidak terlepas dari tanggung jawab pejuang kemerdekaan. Sehingga saat ini tugas dari masyarakat masa kini yakni mengisi hari kemerdekaan dan hari pahlawan dengan kiprah terbaik, bermanfaat bagi bangsa, nusa dan agama.

Iklan

Seperti dicontohkan oleh TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid yang merupakan Pahlawan Nasional dari NTB. Di mana, Maulana Syaikh mewakafkan hidupnya untuk berjuang bagi umat, bangsa dan agama sampai akhir hayatnya. Tahun 2020 ini, merupakan tahun ke empat dilaksanakan apel hari pahlawan di Kompleks Makam TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid  sejak ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo.

Dalam momentum hari pahlawan ini diharapkan menjadi penyemangat bagi pahlawan masi kini. Apalagi saat ini Indonesia khususnya NTB dihadapkan pada masa sulit memperingati hari pahlawan di masa pandemi Covid-19. Kendati demikian, perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan jauh lebih sulit dari masa sekarang.

‘’Kita yang hidup di masa sekarang harus pandai mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah dengan jiwa yang tidak kalah besar sesuai kapasitas masing-masing,’’ terang Wagub.

Hal yang paling simpel yaitu bagaimana semua pihak bekerjasama dan bersinergi dalam menghadapi Covid-19 dengan menegakkan protokol Covid-19. Saling mengingatkan satu sama lain dan menghindari hoaks serta tidak mudah terprovokasi.

Disebutkan, nilai-nilai perjuangan Almagfurullah Maulana Syaikh semasa hidupnya mengajarkan bahwa untuk setiap tujuan yang baik harus dilakukan dengan cara yang baik. Mengajarkan hidup agar dijalankan dengan yakin, jujur, sabar, ikhlas dan istiqomah. Apabila dipegang prinsip itu, maka Allah SWT akan mudahkan segala urusan.

Maulana Syaikh yang semasa hidupnya berjuang di segala bidang, baik beribadah, bekerja dilakukan terbaik secara totalitas. Inilah membuat orang nomor dua di NTB ini terharu mengingat segala perjuangan yang dilakukan Maulana Syaikh. Bagaimana mendobrak pendidikan walaupun ganjarannya dikucilkan, dihina dan beberapa persoalan lainnya.

Selain menggelar apel, peringatan hari pahlawan diisi dengan kegiatan tabur bunga dan doa di Makam TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid yang terletak di Kompleks Musala Al. Abror NW Pancor.

Sebelumnya, ribuan santri beserta staf pengajar se-YPH-PPD NW Pancor menggelar hiziban akbar serta apel hari pahlawan yang dipusatkan di MA.Muallimin NW Pancor. Pelaksanaan apel berlangsung khidmat dan momentum hari pahlawan ini dapat dijadikan motivasi, semangat bagi para santri untuk terus berjuang dalam menuntut ilmu, mengukir prestasi untuk NKRI.(yon)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional