Melon di Mataram Aman dari Bakteri Listeria

Mataram (Suara NTB) – Masyarakat yang gemar mengkonsumsi  rockmelon atau sejenis melon kuning tak perlu khawatir. Pasalnya, melon yang dijual di pasar maupun pinggir jalan di Kota Mataram tersebut aman dari bakteri listeria.

Kepala Dinas Pertanian, Ir. H. Mutawalli menegaskan, rockmelon yang berasal dari negeri Kanguru itu belum masuk ke Indonesia. Sehingga, kecil kemungkinan sampai di daerah. Sedangkan, melon kuning yang beredar di Kota Mataram yaitu jenis melon golden apolo dan jenis lokal lainnya.

Iklan

“Sejauh ini melon jenis itu belum ada masuk,” kata Mutawalli menjawab Suara NTB, pekan kemarin.

Dia memastikan bahwa melon yang dikonsumsi maupun dijual di Kota Mataram, masih aman dari wabah bakteri listeria. Namun demikian, pihaknya tetap mengantisipasi dan berencana akan mengecek ke pasar apakah ada jenis melon tersebut atau tidak. “Coba nanti kami turun cek di pasar – pasar,” katanya.

Seperti diketahui, baru – baru ini diketahui otoritas kesehatan Australia mengumumkan wabah penyakit listeria atau listeriosis yang menewaskan 12 orang. Wabah itu diduga berasal dari buah rockmelon. Bakteri Listeriosis memicu peradangan pada selaput dan jaringan otak erta septikemia atau keracunan darah akibat bakteri masuk darah.

Yang rentan terserang penyakit ini adalah ibu hamil, bayi baru lahir, orang berusia lebih dari 65 tahun dan mereka dengan kekebalan tubuh rendah. Seseorang yang terserang bakteri ini memicu deman akut ringan. Sebab, bakteri listeria memengaruhi organ tubuh lain seperti sendi, tulang, dada dan perut.

Kepala Dinas Perdagangan, Lalu Alwan Basri mengaku, pihaknya siap menarik peredaran melon kuning jika telah ada kepastian dari Dinas Pertanian menyebutkan wabah bakteri itu terdapat di melon kuning. “Kami siap saja menarik peredarannya setelah ada kepastian dari Dinas Pertanian,” kata Alwan.

Sejauh ini kata Alwan, tidak ada informasi resmi dari Pemerintah Pusat mengenai wabah bakteri itu. Sehingga, dipastikan Mataram masih relatif aman dari wabah bakteri listeria. (cem)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional