Melihat Anak Hiu dan Berenang di Nisa Pudu

Mataram (Suara NTB) – Nisa Pudu adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Teluk Saleh. Ini merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Dompu. Wisatawan dapat menikmati keindahan Nisa Pudu dengan melakukan perjalanan darat menuju ke Desa Soro, Kecamatan Kempo.

Selanjutnya, wisatawan harus menyewa perahu nelayan untuk menyeberang. Umumnya para nelayan siap mengantar wisatawan ke Nisa Pudu dengan tarif Rp 300 ribu untuk pengantaran pergi hingga pulang.

Iklan

Penyeberangan dari Kempo ke Nisa Pudu memakan waktu sekitar 15-30 menit. Semakin dekat akan makin terlihat jelas jika pulau ini terbagi menjadi dua bagian, pulau yang besar dan kecil. Pulau besarnya diselimuti dengan rerumputan hijau dan juga kumpulan pepohonan.

Semakin mendekati pulau, warna air laut pun berubah yang tadinya berwarna biru secara bertahap menjadi warna hijau tosca yang sangat jernih. Gradasi warna air laut ini akan terlihat keren saat dilihat dari pinggir pantainya. Yang menarik adalah, di perairan dangkal Nisa Pudu terkadang terlihat kawanan anak hiu yang berenang.

“Bagus untuk pecinta pemandangan bawah laut atau bagi yang suka menyelam,” kata wisatawan asal Kota Mataram Andi Ahmad Hariadi yang telah berkunjung ke Nisa Pudu dua hari lalu.

Nisa Pudu berukuran kecil yang dapat dikelilingi dengan jalan kaki dalam waktu 10 menit saja. Untuk wisatawan yang datang mau berenang dan snorkeling sebaiknya melakukan kegiatan tersebut di pantai sisi selatan yang lebih landai, karena sisi utara memiliki arus yang lebih kuat.

“Kalau ke sini bawa makanan sendiri, karena tidak ada yang jualan makanan,” ujarnya.

Nisa Pudu merupakan pulau tak berpenghuni, sehingga seringkali dijadikan sebagai tempat untuk menghabiskan akhir pekan. Di pulau ini juga terdapat gundukan tanah atau bukit kecil dengan savana yang indah. Disini juga sudah disediakan beberapa fasilitas destinasi yang dapat digunakan oleh wisatawan.

Pulau ini memiliki pasir putih yang indah. Terlebih warna air yang jernih memungkinkan wisatawan untuk dapat melihat ikan dari tepi pantai. Sangat cocok juga dijadikan sebagai spot menyelam bagi wisatawan yang menyukai keindahan bawah laut. (lin)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional