Melewatkan Sore di Bukit Matompo

Dompu (Suara NTB) – Kabupaten Dompu memiliki banyak potensi wisata. Selain Pantai Lakey, Kabupaten Dompu memiliki Bukit Matompo. Bukit setinggi 100 meter yang menghadap laut lepas ini terletak di desa Mbuju, Kecamatan Kilo.

Bukit ini menawarkan pemandangan indah berupa padang rumput yang hijau, puncak Gunung Tambora serta tak ketinggalan hamparan laut yang biru di hadapannya.

Iklan

Pemandangan inilah yang membuat banyak wisatawan berkunjung ke destinasi ini. Sebab tidak semua tempat di Dompu memiliki pemandangan indah seperti ini. Setiap akhir pekan banyak wisatawan, terutama wisatawan nusantara yang datang berkunjung.

Bukit Matompo memiliki luas di atasnya kurang lebih dari 8 are. Di atas Bukit Matompo ini tidak terdapat pepohonan yang tumbuh. Sehingga wisatawan dapat menikmati pemandangan dengan lebih leluasa.

Untuk dapat menaiki bukit Matompo, telah dipasang tangga darurat yang terbuat dari batangan kayu oleh masyarakat setempat. Namun pada saat menuju bukit, pengunjung harus ekstra hati hati karena jalannya yang sedikit curam.

“Memang harus hati-hati, ya seperti mendaki bukit pada umumnya,” kata warga Kabupaten Dompu Muhaemin, Minggu, 12 November 2017.

Destinasi ini tidak memberlakukan sistem penarikan retribusi parkir dan lainnya. Pengelola bukit Matompo mewajibkan pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan, tidak menginjak rumput agar rumput tidak mati. Selain wisatawan juga diwajibkan untuk membawa air untuk  menyiram pohon yang telah ditanam supaya ada tempat berteduh nantinya.

“Diwajibkan bawa air buat siram pohon, biar nanti kalau sudah besar, pohonnya bisa dijadikan sebagai tempat berteduh,” ujarnya.

Pengunjung disarankan untuk datang pada sore hari. Sebab pada siang hari cuaca sangat terik, sementara tidak ada pohon untuk berteduh. Jarak tempuh dari Pusat Kota Dompu menuju bukit Matompo hanya membutuhkan waktu dua jam dari pusat kota di Dompu. Akses jalan menuju bukit ini sudah bagus, sehingga wisatawan dapat menikmati perjalanannya.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan matahari tenggelam dari bukit ini. Selain itu, panorama yang indah dengan pemandangan hamparan laut juga sangat sayang untuk dilewatkan. Wisatawan dapat mengambil gambar sepuasnya untuk mengabadikan momen saat berada di puncak Bukit Matompo ini. (lin)