Mekanisme Pembelajaran PPL Mahasiswa Diserahkan ke Sekolah Tujuan

Pelepasan mahasiswa PPL UIN Mataram, Sabtu, 13 September 2020. (Suara NTB/dys)

Praya (Suara NTB) – Dalam rangka melaksanakan salah satu isi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi  yaitu pengabdian kepada masyarakat, Universitas Islam Negeri ( UIN ) Mataram setiap tahunnya mengirimkan mahasiswanya untuk melaksanakan kegiatan Program Pengalaman Lapangan ( PPL ) dan Kuliah Kerja Nyata ( KKN) ke desa-desa atau  lembaga-lembaga penyelenggara pendidikan, baik sekolah atau madrasah.

Pembina PPL UIN Mataram, Drs. Mustain, M.Ag., menyebut memasuki semester tujuh bagi mahasiswa UIN Mataram, mereka disebar ke penjuru daerah di NTB. Untuk tahun ini beberapa lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama kabupaten Lombok Tengah menjadi tujuan para mahasiswa tersebut dalam mengimplementasikan ilmu yang didapat selama tujuh semester berjalan.

Iklan

Salah satunya ialah Madrasah Tsanawiyah ( MTS ) Negeri 2 Lombok Tengah  adalah salah satu lembaga penyelenggara pendidikan yang juga menjadi tempat PPL mahasiswa UIN Mataram tahun pelajaran 2020 -2021 ini. Serah terima mahasiswa PPL dilakukan akhir pekan kemarin. Penyerahan dan penerimaan delapan mahasiswa PPL UIN Mataram selama 5 pekan ke depan akan melaksanakan kegiatan PPL.

Mustain dalam  acara tersebut menyampaikan terima kasihnya kepada keluarga besar MTs Negeri 2 Loteng yang telah  bersedia menerima mahasiswa UIN Mataram untuk melaksanakan kegiatan PPL, meski dalam situasi yang tidak normal ini.

“Atas nama pribadi dan lembaga Perguruan Tinggi UIN Mataram, saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang tak terhingga kepada Kepala Madrasah dan keluarga besar MTs Negeri 2 Loteng atas kesediaannya menerima mahasiswa kami untuk melaksanakan PPL tahun ini,” ujarnya.

Meskipun suasana pandemi Covid yang tidak normal ini, Mustain berharap agar penempatan PPL di MTSN 2 Loteng ini menjadi langkah yang baik dalam menjalin kerjasama dua lembaga di masa yang akan datang.

Terkait dengan suasana pembelajaran  yang belum normal ini, Mustain  menyerahkan mekanisme pembelajaran  kepada pihak madrasah. Nantinya mahasiswa PPL ini akan mengikuti pembelajaran online maupun offline.

Kepala MTs Negeri 2 Lombok Tengah Masdiono,M.Pd., berharap kegiatan PPL mahasiswa UIN Mataram ini dapat memotivasi para peserta didik dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh yang masih dilaksanakan sampai saat ini.

Semenatra untuk pembagian guru pamong dan mekanisme pembelajaran yang akan diterapkan, mantan Kepala MTs Negeri 5 Loteng ini mengarahkan kepada seluruh mahasiswa untuk berkoordinasi dengan Wakil Kepala Bagian Kurikulum sebagai penanggung jawab kegiatan belajar mengajar. “Semoga ilmu-ilmunya dapat ditularkan ke peserta didik,” paparnya.  (dys)