Mei 2017, Semua Warga Wajib Miliki KTP Elektronik

Mataram (suarantb.com) – Terkait pelaksanaan Pilkada serentak pada 2018 mendatang, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mewajibkan semua penduduk wajib KTP telah memiliki KTP Elektronik (e-KTP). Batas waktu perekaman KTP Elektronik sampai Mei 2017 mendatang. Dengan demikian Kemendagri dapat memetakan DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu) untuk Pilkada serentak 2018.

Dalam Pilkada 2018, penduduk tidak dapat menggunakan identitas lain seperti Kartu Keluarga (KK) dan lainnya. Satu-satunya identitas kependudukan yang disahkan untuk pemilu adalah KTP Elektronik. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram, H. Ridwan, Jum’at, 4 November 2016.

Iklan

Terkait hal tersebut, Ridwan mengatakan akan lebih proaktif melakukan perekaman di 2017. Saat ini masih tersisa 5 ribu warga dari 11 ribu penduduk wajib KTP yang belum melakukan perekaman. Selanjutnya Dinas Dukcapil akan berkoordinasi dengan kelurahan untuk mencari penduduk yang belum melakukan perekaman.

“Kita cari semua, terutama yang sudah uzur, yang tua-tua itu, yang tidak bisa melakukan perekaman di Dukcapil, kita datangi ke kelurahan,” paparnya. Di Kota Mataram sendiri, jumlah penduduk wajib KTP mencapai 296 ribu orang. Jumlah ini mengalami peningkatan tiap tahunnya, yang semula di 2015 berjumlah 285 ribu orang.

Menurut Ridwan, banyak faktor yang menyebabkan masih banyaknya penduduk yang tidak melakukan perekaman, seperti perpindahan domisili, usia lanjut, dan abai karena yang bersangkutan belum membutuhkan KTP. Namun karena KTP merupakan hak dasar sebagai WNI, Dinas Dukcapil sebagai pelaksana pelayanan publik harus lebih aktif melakukan perekaman hingga ke tingkat kelurahan.

“Nanti kita bersurat ke lurah, kita buatkan jadwal turun jemput bola ke lapangan, lalu kita kirim petugas,” jelasnya. (rdi)

  Pastikan Pelayanan Administrasi Kependudukan Berjalan Maksimal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here