Medali Pertama NTB Ditentukan Lewat Atlet Panjat Tebing Hari ini

Ilustrasi Olahraga Panjat Tebing. (SuaraNTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Kontingen NTB berpeluang meraih medali pertama NTB di PON XX di Papua tahun 2021 lewat cabang olahraga panjat tebing hari ini. Pasalnya salah satu tim panjat tebing NTB akan mengikuti laga final, di Mimika, Kamis, 30 September 2021.

Sebelumnya, cabor selancar memang sudah lebih dulu menyumbangkan medali bagi NTB. Namun, mengingat pencapaian ini hanya diaraih lewat pertandingan eksibisi di PON Papua. Kini, cabor panjat tebing berpeluang menyumbangkan medali di panggung utama PON Papua.

Iklan

Ketua Harian Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) NTB, Adi Hendara Susanto yang dikonfirmasi Suara NTB, via ponselnya, Kamis, 29 September 2021 mengatakan tim boulder putri NTB yang diperkuat Nurul Iqamah, Anggun Yolanda, Ayu Fatullah dan Ade Irma Suryani akan mengikuti laga final, Kamis, 30 September 2021.

“Tim boulder putri NTB akan mengikuti laga final besok (Hari ini-red) mereka berhasil lolos  ke final usai meraih peringkat empat di babak kualifikasi hari ini,” ucapnya.

Data yang diterima Suara NTB, nomor boulder putri NTB berhasil meraih peringkat empat besar di laga penyisihan nomor boulder tim putri yang berlangsung di Arena Panjat Tebing Mimika, Rabu, 29 September 2021. Dimana laga penyisihan boulder tim putri meloloskan enam provinsi dari delapan provinsi yang ambil bagian di nomor tersebut.

Tim NTB sendiri lolos ke babak final dengan  peringkat empat besar, sedangkan juara di penyisihan boulder tim putri diraih oleh tim Jawa Barat (Jabar), disusul Kalimantan Timur (Kaltim) diperingkat kedua dan tim Jawa Timur (Jatim) di peringkat ketiga.

Selanjutnya peringkat kelima ditempati oleh DKI Jakarta dan peringkat kelima diraih tim Riau. Sementara tim tuan rumah Papua gagal meraih tiket final.

Selanjutnya dipertandingkan panjat tebing nomor lainnya NTB juga akan menurunkan tiga atlet yang akan tampil di babak kualifikasi kelas lead putri yang akan diperkuat Nurul Iqamah, Anggun Yoland dan Ayu Fatullah. Sementara disektor kualifikasi Boulder tim putra juga akan bertanding hari ini, dan NTB akan menurunkan empat atlet, yakni  Azhar Wan Akbar, Joni Kasria, Fauzan Nurul Islam dan Zulius Mustofa Aji.

Menurut Adi, di  final nomor boulder tim putri nanti akan diumumkan para peraih medali emas, perak dan perunggu. Dan tim boulder putri NTB kata Adi berpeluang meraih medali di final boulder tim putri hari ini. (fan)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional