MCC Harus Hidup Kembali

TGH. Mujiburrahman. (Suara NTB/bay)

Mataram (Suara NTB) – Revitalisasi fisik Mataram Craft Center (MCC) telah mencapai 100 persen. Dengan anggaran sebesar Rp1,1 miliar yang disiapkan untuk pengadaan sarana-prasarana di 2021, pusat penjualan mutiara tersebut diharapkan dapat menggeliatkan produksi kerajinan mutiara dari perajin di Kota Mataram.

Wakil Walikota Mataram, TGH. Mujiburrahman, menerangkan saat ini MCC tidak hanya dijadikan sebagai pusat penjualan hasil kerajinan mutiara, melainkan juga pusat edukasi. Khususnya untuk proses pembuatan kerajinan oleh IKM yang terlibat.

Iklan

“Sekarang dibuatkan ruang-ruang untuk menarik perhatian tamu. Ini upaya kita untuk menghidupkan kembali (MCC),” ujar Wakil Walikota, Jumat, 12 Maret 2021 saat berkunjung ke MCC.

Dengan begitu, wisatawan yang berkunjung diharapkan tidak saja membeli kerajinan mutiara sebagai buah tangan, melainkan juga mendapat pengetahuan budidaya salah satu produk khas NTB tersebut.

“Ini pengelolaannya akan kita serahkan ke asosiasi, supaya bisa dimanfaatkan dulu apa yang ada sambil menunggu pengadaan sarprasnya,” jelas Wakil Walikota. Menurutnya, dengan konsep saat ini MCC dapat lebih menarik bagi wisatawan untuk berkunjung.

“Dulu bagian yang di bawah sama (fungsinya) dengan yang di atas. Sekarang kita bedakan; di bawah itu khusus menjual yang sudah jadi, sedangkan di atas ini untuk melihat proses pembuatannya,” tandas Wakil Walikota.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan UMKM Kota Mataram, I Gusti Ayu Yuliani, menerangkan untuk pembaruan gedung MCC pihaknya mendapat kucuran dana sebesar Rp1,5 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK). “Tahun ini kita dapat lagi Rp1,1 miliar untuk sarpras, itu dari APBD murni,” jelasnya.

Diterangkan, meksipun sarana dan prasarana belum lengkap MCC saat ini sudah bisa menerima kunjungan.  Adapun jumlah perajin mutiara yang akan diakomodir di MCC sebanyak 120 IKM yang tergabung dalam asosiasi.

“Dengan menghidupkan kembali MCC, apa yang sudah kita punya rencana kita harapkan bisa terralisasi,” ujarnya. Terutama dengan fasilitas lebih lengkap yang ditawarkan bagi pengunjung.

“Sekarang di MCC sudah punya lobi, dua ruang mini teater, ruang khusus bagian produksi, showroom, dua ruang VIP, satu ruang ekonomi, dan foodcort. Ini semua kita maksudkan supaya kalau ada tamu dari luar daerah datang pelayanan kita bisa lebih lengkap dan menyeluruh,” tandas Yuli. (bay)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional