Maulana Syekh Masuk Tiga Tokoh yang Akan Dapat Gelar Pahlawan Nasional

Mataram (suarantb.com) – Setelah sebelumnya masuk dalam daftar sembilan besar, tokoh asal NTB, Maulana Syekh Tuan Guru Kyai Haji (TGKH) M. Zainuddin Abdul Madjid  diketahui masuk dalam tiga tokoh yang akan mendapat gelar kepahlawanan dari Pemerintah Indonesia.

Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu mengatakan, Presiden Joko Widodo awalnya hendak memberikan gelar pahlawan kepada satu tokoh pada 2017. Namun, jumlah ini berubah menjadi tiga karena selama ini masih banyak tokoh kemerdekaan dan memberikan pengaruhnya bagi Indonesia. Tetapi belum mendapatkan gelar sebagai pahlawan.

Iklan

Maulana Syekh  dikenal sebagai ulama paling kharismatik di NTB, khususnya di Pulau Lombok. Selain itu, beliau juga merupakan kakek dari Gubenur NTB saat ini, TGH Muhammad Zainul Majdi, atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang.

Sekretaris Jenderal  PBNW, TGH Hasanain Juaini yang dikonfirmasi suarantb.com mengaku hanya berusaha mendoakan agar usulan gelar pahlawan tersebut dikabulkan pemerintah pusat. “Kami dan berbagai lapisan masyarakat mengusulkan penganugerahan itu dan terus berdoa, pemerintah dengan segala kebijaksanaannya yang berhak mengumumkan kepada rakyat. Semoga harapan kita semua terpenuhi. Amiin,” ungkapnya melalui pesan singkat, Jumat, 28 Oktober 2017.

Pimpinan Ponpes Nurul Haramain Narmada ini menyatakan semua terus berdoa supaya apa yang menjadi harapan menjadi kenyataan.”Masyarakat sangat memerlukan cermin Qudwah Hasanah, untuk menyemangati kita dalam mengisi kemerdekaan,” lanjutnya. (ros)