Matangkan Persiapan dengan Kabupaten/Kota, NTB Buka Pendaftaran Seleksi CPNS Mulai 31 Mei – 21 Juni

Syamsul Buhari (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB dan 10 Pemda Kabupaten/Kota telah menerima kuota atau jatah formasi seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021 dari Kementerian PANRB. Meskipun kuota CASN yang terdiri dari formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sudah diperoleh, namun pendaftaran akan dibuka serentak mulai 31 Mei – 21 Juni mendatang.

Kepala Bidang Informasi Kepegawaian BKD NTB, Drs. Syamsul Buhari, P.Si., M.Kes., mengatakan, sebelum rekrutmen CPNS dibuka, Pemprov NTB dan 10 Pemda kabupaten/kota akan mematangkan persiapannya pada 20 Mei mendatang. ‘’Kami akan rapat koordinasi dengan seluruh jabupaten/kota se-NTB tanggal 20 Mei,’’ kata Syamsul dikonfirmasi Suara NTB, Minggu, 16 Mei 2021.

Iklan

Dalam rapat koordinasi tersebut, kata Syamsul, akan diperoleh informasi jumlah kuota CPNS dan PPPK tahun 2021 di NTB. Termasuk mengenai kesiapan sarana dan prasarana untuk pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan Kementerian PANRB, lanjut Syamsul, pengumuman seleksi CPNS akan dilaksanakan mulai 30 Mei – 13 Juni. Sedangkan untuk pendaftaran dimulai 31 Mei – 21 Juni. Selanjutnya, seleksi administrasi dan pengumuman hasil seleksi administrasi 1 – 30 Juni.

Setelah pengumuman hasil seleksi administrasi, pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat diberikan kesempatan untuk menyampaikan sanggahan mulai 1 – 11 Juli. Kemudian, seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS direncanakan bulan Juli – September. Begitu juga seleksi kompetensi PPPK non guru akan dilaksanakan setelah SKD CPNS.

Sedangkan seleksi kompetensi guru PPPK akan dilaksanakan tiga kali. Seleksi pertama direncanakan bulan Agustus. Bagi yang tidak lulus pada seleksi pertama diberikan kesempatan untuk mengikuti seleksi kedua yang direncanakan bulan Oktober. Apabila masih ada yang tidak lulus pada seleksi kedua, masih diberikan kesempatan pada seleksi ketiga yang direncanakan bulan Desember.

Sementara itu, kata Syansul, untuk seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS 2021 direncanakan bulan September – Oktober. Pengumuman dan masa sanggah bulan November. Dan penetapan NIP CPNS dan PPPK pada bulan Desember.

Dalam seleksi CASN 2021, Pemprov NTB akan membuka lowongan sebanyak 4.865 formasi CPNS dan PPPK. Lowongan sebanyak itu sesuai jatah formasi CPNS dan PPPK yang diterima dari Pemerintah Pusat sesuai Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 555 Tahun 2021.

Sebanyak 4.865 formasi yang diperoleh terdiri 4.443 formasi guru PPPK dan 422 formasi CPNS. Sebanyak 422 formasi CPNS tersebut terdiri dari 271 formasi tenaga kesehatan dan 151 formasi tenaga teknis. Jatah formasi PPPK yang diperoleh Pemprov NTB berkurang sebanyak 585 formasi dari usulan. Sedangkan jatah CPNS yang diperoleh berkurang 47 formasi dari usulan yang disampaikan.

Untuk pelaksanaan rekrutmen PPPK, lanjut Syamsul, akan dilakukan tiga tahapan. Nama-nama guru yang akan ikut seleksi sudah diverifikasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemendikbud Ristekdikti).

Karena jumlah peserta yang ikut seleksi PPPK cukup banyak, maka seleksi akan dilaksanakan di kabupaten/kota. BKD merencanakan membentuk lima stasiun pelaksanaan seleksi.  Untuk Pulau Lombok rencananya akan dilaksanakan dua tempat, yaitu Kota Mataram dan Lombok Timur.

Stasiun Kota Mataram untuk Mataram, Lombok Barat dan Lombok Utara. Sedangkan Stasiun Lombok Timur untuk Lombok Timur dan Lombok Tengah. Kemudian Stasiun Sumbawa Barat, Stasiun Sumbawa, dan Stasiun Bima untuk Bima, Kota Bima dan Dompu. (nas)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional