Masyarakat Sayangkan RS Swasta Putuskan Kerjasama dengan BPJS

Mataram (suarantb.com) – Pemutusan kerja sama sejumlah rumah sakit swasta dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan ditanggapi beragam oleh masyarakat Kota Mataram. Namun sebagian besar masyarakat yang ditemui suarantb.com di Kantor BPJS Cabang Mataram, Kamis, 5 Januari 2017 menyayangkan keputusan tersebut.

Di Kota Mataram, ada lima RS swasta yang memutuskan kerjasama dengan BPJS Kesehatan yaitu RS Harapan Keluarga, RS St. Antonius, RS Risa Sentra Medika, RS Biomedika, dan RSI Siti Hajar.

Iklan

Salah seorang pengunjung, Sagung Eka mengaku mengetahui kabar tersebut hari ini. “Saya baru tahu dari teman sekarang ini. Setahu saya rumah sakit seperti Harapan Keluarga dan Risa itu tercover BPJS. Informasinya sekarang harus ke rumah sakit yang negeri,” ungkapnya.

Karyawan swasta ini mengaku terbiasa menggunakan layanan BPJS Kesehatan di rumah sakit tersebut. Karena pelayanannya memuaskan.

“Mudah-mudahan servis rumah sakit pemerintah ini lebih bagus ya. Saya dengar sih sekarang udah bagus,” katanya.

Perbaikan layanan rumah sakit pemerintah ini sangat diharapkan Eka. Dengan demikian kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat di Mataram bisa terpenuhi dengan baik.

“Sebagai masyarakat NTB itu saja sih yang kita harapkan,” lanjutnya.

Senada dengan Sagung Eka, Yusuf juga menyesali putusnya kerja sama tersebut. “Dicari permasalahannya kenapa rumah sakit swasta ini berpisah. Nanti dicarikan solusinya, harapannya rumah sakit swasta bisa membantu pemerintah,” katanya.

Dengan hengkangnya rumah sakit swasta sebagai pelayan BPJS Kesehatan, Yusuf menyebutnya sebagai bentuk penurunan kualitas layanan kesehatan di NTB dan Indonesia pada umumnya.

“Seharusnya pemerintah mulai memikirkan bagaimana agar pelayanan kesehatan ini bisa ditingkatkan. Agar masyarakat tidak berobat ke Malaysia, Singapura. Bahkan kalau menurut saya kita masih kalah dari India,” nilainya.

  Penerima Bantuan di Lobar Tak Tepat Sasaran

Saat ini, pasien BPJS Kesehatan di Mataram memang hanya bisa dilayani oleh rumah sakit yang dikelola pemerintah dan satu rumah sakit swasta yang baru mulai beroperasi tahun ini, yakni RSIA Permata Hati Mataram. RS pemerintah yaitu RSUD Provinsi NTB, RSJ Mutiara Sukma Provinsi, RSUD Kota Mataram, BKMM Kota Mataram, Rumkit TK IV Wirabhakti Mataram dan RS Bhayangkara Mataram. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here